Bangun Perpustakaan Desa


Pewarta : Tantra Nur Andi

Sintang, Kalbar – Perpustakaan itu gudangnya ilmu. Karenanya, jika ingin sumber daya manusia di desa berkualitas, setiap desa harus memiliki perpustakaan. Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih menilai, setiap desa harus memiliki perpustakaan agar ada sarana masyarakat untuk membaca.

Tuah Mangasih mengatakan, pihaknya akan sangat mendukung pengembangan perpustakaan di setiap desa. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung minat baca masyarakat. Selain itu, dengan adanya perpustakaan maka masyarakat khususnya generasi muda di perdesaan lebih mudah mendapatkan referensi dan informasi pengetahuan.

“Untuk menumbuhkan minat baca di desa harus disediakan perpustakaan mini. Karang Taruna di setiap desa harus diberdayakan untuk membuat perpustakaan mini, apa lagi saat ini ada bantuan buku,”kata Tuah.

Dengan adanya perpustakaan mini di desa, lanjut Tuah nantinya diharapkan pemenuhan kebutuhan gemar membaca generasi muda dapat terpenuhi dan juga untuk menumbuhkan minat baca. Selain itu untuk menjauhkan generasi muda dari prilaku negatif seperti narkoba, pergaulan bebas dan perilaku negatif lainnya.

“Kita tahu tantangan hidup anak muda saat ini sangat banyak, jadi dengan adanya perpustakaan dan mereka tertarik untuk datang membaca, maka waktu yang mereka gunakan jauh lebih bermanfaat, sehingga menambah pengetahuan dan minat baca mereka. Apakah yang dibaca itu tesis maupun buku-buku referensi lainnya,” kata dia.

Ia mengaku dirinya sangat gemar membaca, bahkan di sela-sela kesibukannya sebagai wakil rakyat, dirinya tetap meluangkan waktu untuk membaca dan update informasi.

“Dulu saya setiap hari ke perpusatakaan daerah yang ada di Sintang, apa lagi pada saat itu tidak ada internet, dan saya sangat merasakan manfaatnya. Saat ini tidak hanya membaca buku, saya juga membaca informasi dari media online. Membaca sudah menjadi budaya bagi saya hingga saat ini,” tuturnya.

Politisi PDIP itu mengatakan, generasi muda tetap harus membaca buku walau sekarang sudah tersedia media internet.

Komentar

Previous Sintang Kaya Potensi Pertanian
Next PLTMH Bisa Penuhi Listrik di Sintang