Jalan Nanga Tebidah Rusak Parah


Sintang, Kalbar – Ruas Jalan Nanga Mau – Nanga Tebidah rusak parah. Kondisi jalan provinsi ini sangat memprihatinkan, dan sulit dilalui oleh kendaraan roda dua serta roda empat.

Kerusakan jalan itu diperparah dengan intensitas turunnya hujan yang cukup tinggi. Yohanes, warga Nanga Tebidah kesal dengan kondisi Jalan Nanga Tebidah yang selalu hancur. “Kami warga Tebidah seperti terabaikan dari pembangunan. Pemerintah Provinsi Kalbar harusnya tanggap dengan kerusakan jalan yang menjadi kewenangannya.

“Kami minta Pemprov Kalbar lebih perduli dengan pembangunan di pedalaman Sintang. Terutama untuk jalan jalan provinsi.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuten Sintang, Hardoyo membenarkan kondisi Jalan Tebidah yang saat ini semakin rusak. Terlebih lagi saat musim penghujan.

“Kondisi tersebut memang benar, apalagi beberapa hari ini curah hujan cukup tinggi. Jalan di daerah tersebut licin dan berbahaya bagi pengendara,” katanya.

Hardoyo mengungkapkan, jalan tersebut sudah dianggarkan sebesar Rp15 Miliar, hanya saja belum mulai dikerjakan karena masih dalam proses administrasi di Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Jika memang anggarannya sudah ada, kami berharap Pemerintah Provinsi Kalbar segera merealisasikan perbaikan jalan itu. Sebab jalan tersebut digunakan oleh banyak orang,” desaknya.

Dengan jalan yang baik, maka akan mempermudah transportasi angkutan barang dan orang menuju Kecamatan Kayan Hulu.

Hardoyo juga berharap, masyarakat ikut serta dalam memajukan daerah, salah satunya adalah membantu membangun infrastruktur jalan di daerah tersebut, seperti menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan.

“Bagi warga yang tanahnya terkena gusur untuk pembangunan jalan, saya harap dapat mengikhlaskan, demi  pembangunan jalan tanpa harus menuntut ganti rugi. Jika infrastruktur jalan baik maka secara otomatis perekonomian juga akan semakin baik,” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengatakan, Pemkab Sintang bersama DPRD selalu mengusulkan perbaikan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Sintang.

Dia berharap Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat harus mengambil langkah perbaikan pada ruas-ruas jalan yang rusak. Apalagi memang ruas jalan provinsi di Kabupaten Sintang banyak yang mengalami kerusakan parah. Sehingga membuat akses jalan darat sangat sulit.

“Saya mewakili masyarakat berharap agar pemerintah provinsi agar ruas jalan ini bisa tertangani dengan baik. Kita berharap masalah jalan ini sama-sama kita saling mendukung,” pintanya.

 

Komentar

Previous Sintang Siaga Satu
Next Oktober, RS Pratama Serawai Operasional