Sintang Miliki Alat Penghasil Air Putih

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan Zero Mass Water Solar Panel Tenaga Surya penghasil air putih, yang siap dikonsumsi. Alat ini merupakan program keja sama Pemkab Sintang bersama Solidaridad dan Keling Kumang Group (KKG) di Desa Merpak Kecamatan Kelam Permai.

Jarot menyebut, Zero Mass Water ini merupakan teknologi terbaru yang jauh lebih canggih karena sudah menyesuaikan antara pembangunan lingkungan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. “Sebelumnya juga sudah diresmikan projek air bersih dari world vision yang diujicobakan di 25 desa se Kabupaten Sintang,” katanya.

Dikatakan Jarot, Zero Mass Water ini ternyata jauh lebih canggih. Zero Mass Water merupakan teknologi tepat guna, energi baru dan terbarukan salah satunya adalah panel surya yang biasa kita gunakan untuk panel listrik. Sekarang ini solar panel di pakai untuk sumber air bersih. Beruntung masyarakat Merpak mendapatkan Zero Mass Water karena tujuannya untuk menghasilkan air bersih.

Masih kata Jarot, saat ini juga sedang dilakukan program pipanisasi, yakni pengambilan air bersih dari kaki Bukit Saran. Ini adalah upaya pemerintah daerah bersama civil society untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Sintang. “Pesan saya, masyarakat Merpak menjaga fasilitas air bersih Zero Mass Water yang sudah ada, agar terus bisa difungsikan terus,” katanya. Jarot menyebutkan, Zero Mass Water ini tahan hingga 15-20 tahun. Sehingga harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik.

 

Komentar

Read Previous

Pemerintahan Desa Harus Bersih

Read Next

Terima Audiensi GGD

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *