• Minggu, 14 April 2024. Jam: 08:15

Pemkot Salurkan Beras untuk 177 Warga Rusunawa

Pontianak, Kalbar – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyalurkan bantuan beras cadangan pangan kepada 177 KK masing-masing 10 kilogram kepada masyarakat Rusunawa di Jalan Harapan Jaya dan Jalan Kom Yos Sudarso. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian. Ia mengatakan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemkot Pontianak kepada warga rusunawa menjelang bulan puasa.

“Sekarang harga beras premium sedang naik, kami ingin meringankan beban warga di tengah kondisi harga beras belum turun, mudah-mudahan ibadah puasa kita diterima oleh Allah, SWT,” katanya usai menyerahkan beras di Rusunawa Harapan Jaya, Jumat (8/3). 

Ani menyebut, bantuan beras ini nantinya juga akan diiringi dengan bantuan beras milik PT Bulog. Ia berencana, saat mendekati lebaran mendatang, pihaknya akan membagikan lagi beras kepada warga rusunawa.

“Mudah-mudahan murah rezeki jadi kami akan membagikan lagi,” tuturnya.

Selain bentuk kepedulian, pembagian beras juga sarat akan rasa kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat. Ani berharap, masyarakat tidak melihat nilai dari barang yang diserahkan melainkan niat untuk memberikan dorongan terhadap produktivitas masyarakat rusunawa.

“Kami datang bukan sebatas memberikan, tetapi juga mendorong supaya masyarakat rusunawa dapat mandiri dan maju dengan semangat kebersamaan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPPP) Kota Pontianak Bintoro menerangkan, ada 99 KK yang menerima beras sepuluh kilogram di Rusunawa Harapan Jaya dan 78 KK untuk Rusunawa Kom Yos Sudarso. Beras yang diserahkan adalah beras milik Pemkot Pontianak. Sedangkan untuk beras milik PT Bulog, akan dibagikan secara berkala sampai bulan Juni 2024. Diserahkannya bantuan pangan berupa beras ini menyesuaikan arahan Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Peraturan Pemerintah Nomor 17 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi serta Peraturan Walikota Pontianak Nomor 73 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemkot Pontianak.

Bintoro mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan monitor di lapangan terkait ketersediaan stok pangan. Lewat Tim Satgas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah akan berkoordinasi mencegah terjadinya lonjakan harga pangan, khususnya menjelang bulan puasa dan lebaran.

“Warga tidak perlu khawatir, ketersediaan pangan dan cadangannya cukup untuk beberapa bulan kedepan,” tutupnya. (kominfo)

Oleh: Gema Mahardhika

Read Previous

Pemkot Singkawang Canangkan Pembangunan Zi Menuju Wbk Dan Wbbm

Read Next

Jelang Ramadan, Pj Wako Sebut Harga Pangan Stabil dan Stok Aman