• Minggu, 14 Juli 2024. Jam: 16:24

PEMPROV KALBAR BERIKAN PENGHARGAAN BAGI INSAN PERTANIAN BERPRESTASI

Pontianak, Kalbar – Penjabat Sekretaris Daerah Kalimantan Barat Mohammad Bari, S.Sos, M.Si membuka sekaligus memberikan penghargaan secara langsung kepada insan pertanian berprestasi dalam Kegiatan Pemberian Penghargaan dan Hadiah Pemenang Berprestasi. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura bertempat di Hotel G Pontianak. “Saya mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengapresiasi setingi-tingginya kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura karena menurut saya acara ini sangat layak dan harus kita laksanakan setiap Tahun” ujar Bari. Pj. Sekda juga berharap kepada para petani untuk dapat menguasai teknologi dan informasi, sehingga para petani dapat meningkatkan ilmu dan kemampuan di bidang pertanian.

“Dengan teknologi yang ada, bapak dan ibu berhasil menciptakan produk produk pertanian yang melimpah sehingga kita bisa menjadi produsen. Saya sangat takjub tadi sewaktu melihat tayangan vide salah satu nominasi dimana potongan buah naga bisa menjadi pupuk buah yang bagus. Jadi kita bisa belajar atau bisa  mengamati produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh negara tetangga sehingga yang dulunya panen hanya sekali setahun bisa kita tingkatkan menjadi dua kali setahun” pungkas Bari.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Florentinus Anum, M.Si menyampaikan bahwa Kegiatan Pemberian Penghargaan bagi Insan Pertanian ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. Pemberian Penghargaan ini dalam rangka apresiasi kepada insan pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian agar mereka lebih meningkatkan kineja, memotivasi agar lebih berprestasi meningkatkan produktifitas pembangunan pertanian, meningkatkan kapasitas penyuluh dan kelembagaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Berikut pengahragaan yang diberikan, antara lain:

1. Petani berprestasi, perigkat pertama diraih oleh Achmad Harun dari Desa Pengkadan Baru Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang, peringkat kedua diraih oleh Elisabeth Erna dari Desa Setia Jaya Kecamatan Teriak Kabupaten Bengkayang, dan peringkat ketiga Sapto Legowo dari Desa Rawak Hulu Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau.

2. Penyuluh Pertanian Teladan, peringkat pertama diraih oleh Darma Irawan dari Desa Dungun Laut Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas, peringkat kedua diraih oleh Widodo, S,ST dari Desa Panah Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dan peringkat ketiga Syuherli, A.Md dari Desa Rawak Hulu Kecamatan Sekadau hulu Kabupaten Sekadau.

3. Balai Penyuluh Pertanian Berprestasi, peringkat pertama BPP Salatiga Kabupaten Sambas, peringkat kedua BPP Kenbayan Kabupaten Sanggau dan peringkat ketiga BPP Bengkayang Kabupaten Bengkayang.

4. Gabungan Kelompok Tani Berprestasi, peringkat pertama Gapoktan Usaha Bersama dari Desa Sungai Bakau Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang, peringkat kedua Gapoktan Empening Mandiri dari Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya, dan peringkat ketiga Gapoktan Usaha Terpadu dari Desa Sompak Kabupaten Landak.

5. Kelembagaan Ekonomoi Petani Berprestasi, peringkat pertama KEP Tuah Bersame dari Desa Salatiga Kabupaten Sambas, peringkat kedua KEP Sungai Bemben dari Desa Sungai Bakau Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang dan peringkat ketiga KEP Koperasi Produsen Kelompok Usaha Tani Bersama Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Oleh: (Erwansyah)

Read Previous

PEMPROV KALBAR MANFAATKAN PUSAT DATA NASIONAL DAN TELAH TERHUBUNG MELALUI JARINGAN INTRA PEMERINTAH

Read Next

Kapan Status KLB Demam Berdarah Dengue Ditetapkan? Ini Jawaban Plt. Bupati Sanggau