• Kamis, 20 Juni 2024. Jam: 20:04

Borneo City Forum Jadi Wadah Diskusi Pembangunan

Singkawang, Kalbar– Kota Singkawang terpilih menjadi tempat pelaksanaan Borneo City Forum yang digelar di Hotel Swiss Bellin Singkawang, Sabtu (15/10).

Forum diskusi yang bertajuk “One Vision One Borneo” turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Kalbar, Direktur Eksekutif APEKSI, Wali Kota Singkawang beserta jajaran, Wali Kota Pontianak, Wali Kota Banjarmasin, Sekretaris Daerah Kota Tarakan serta para peserta forum.

Selain itu, Forum ini juga menghadirkan sejumlah narasumber seperti Arsitek Praktisi dan Akademis Dr. Baskoro Tadjo, CO-Founder Bintaro Design District Ar. Budi Pradono, Akademis Universitas Tanjungpura Syaiful Muazir. Pengurus IAI Nasional  Ar. Firman Herwanto, IAI., Chairman of PAM Serawak Chapter Chai Si Yong, Ketua IAI Kalimantan Timur Wahyullah Bandung, dan Ketua IAI Kalimantan Barat Ester Putra Akbar.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kalimantan Barat, Linda Purnama mewakili Gubernur membuka sekaligus memberikan arahan pada forum diskusi ini.

Linda mengatakan untuk menghadapi tantangan dan arus perubahan dengan kondisi geografis dan luasnya wilayah kalimantan menjadi problematika tersendiri dalam pelaksanaan pembangunan.

“Sehingga untuk itu setiap daerah harus mempersiapkan diri dan berkolaborasi untuk mendukung transformasi pembangunan yang merata dan berkeadilan,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya forum diskusi ini dapat menjadi rangkuman bersama dalam penentuan arah pembangunan di wilayah kalimantan khususnya wilayah Kalimantan Barat.

“Borneo City Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah diskusi untuk melihat arah pembangunan di wilayah Borneo yang bertujuan untuk mencapai sebuah kesepahaman tentang bagaimana mewujudkan visi di masa mendatang tentang wilayah Borneo,”  harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengucapkan terimakasih dan selamat datang di Kota Singkawang kepada semua tamu undangan. Ia sangat mengapresiasi dan bangga dengan terpilihnya Kota Singkawang untuk menyelenggarakan acara Borneo City Forum ini.

“Terima kasih saya ucapkan kepada semua tamu udangan yang telah hadir. Selamat datang di Kota Singkawang. Serta apresiasi tinggi saya ucapkan karena telah memilih Kota Singkawang untuk menyelenggarakan acara forum diskusi ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, seluruh pemerintah daerah di wilayah kalimantan harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dengan memaksimalkan potensi sumber daya daerah masing-masing  khususnya dalam menghadapi rencana perpindahan Ibu Kota Nusantara ke wilayah Kalimantan Timur. Persiapan yang diharapkan diantaranya seperti pembangunan infrastruktur, tata ruang, ekonomi, sumber daya manusia dan lain-lain.

“Di wilayah borneo ini, kita bersama khususnya kami pemerintah Kota Singkawang harus dapat mempersiapkan diri dengan baik dengan memaksimalkan potensi daerah kita masing-masing. Terlebih lagi di wilayah borneo kita ini akan ada pembangunan ibu kota baru. Sehingga borneo siap dalam segala hal dalam menyambut perpindahan ibu kota baru,” tegasnya.

Ia berharap, semoga melalui forum diskusi ini, dengan menghadirkan beberapa narasumber penting dapat menjadi bekal pembelajaran serta bermanfaat untuk kemajuan daerah bersama.

“Semoga forum penting ini dapat menjadi bekal pembelajaran serta bermanfaat untuk kemajuan daerah bersama,” harapnya.

Read Previous

Dinkes Sintang Siapkan Dua Posko Kesehatan

Read Next

KPU Sekadau Sosialisasi Verifikasi Faktual