• Rabu, 25 November 2020. Jam: 16:34

Danau Objek Wisata Potensial

Pewarta : Tantra Nur Andi

Sintang, Kalbar – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Jeffray Edward menilai danau sebagai objek wisata yang potensial untuk dikembangkan oleh Pemkab Sintang.

Kata dia, banyaknya danau yang ada di Kabupaten Sintang harus bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, dan menambah PAD. Karena itu, dia mendukung penetapan 12 danau lindung oleh pemerintah daerah.

Dikatakan dia, jika dikelola dengan baik. Danau – danau yang ada, salah satunya Danau Jemelak di Kelurahan Akcaya Kecamatan Sintang akan terjaga kelestariannya.

“Kita sangat mendukung pemerintah menetapkan danau lindung tersebut. Harapan kita, pemerintah juga konsen memperhatikan lingkungan yang potensial untuk dijadikan objek wisata agar selalu terjaga,” harap Jeffray.

Ia mengatakan perlu pengawasan ketat dari Dinas Lingkungan hidup maupun instansi terkait untuk menjaga danau danau yang ada.

“Pengawasan itu penting dilakukan agar kawasan yang sudah ditetapkan sebagai danau lindung tidak dirusak. Baik itu oleh kegiatan ilegal maupun aktivitas lain yang bisa merusak lingkungan,” ucap Jeffray.

Ia setuju apabila upaya menjaga danau lindung melibatkan masyarakat setempat. Selain untuk menjadikan masyarakat berdaya, keterlibatan mereka untuk menjaga atau mengelola danau lindung juga berpotensi menambah pendapatan.

“Kita sangat mendukung pemeliharaan danau yang dijadikan potensi wisata supaya tetap terpelihara. Tanpa dukungan dari masyarakat, lingkungan itu akan rusak,” katanya.

Dia mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga danau. Baik itu pemerintah, NGO serta masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tidak tercemar. “Apalagi jika danau tersebut merupakan potensi wisata bagi kabupaten Sintang,” kata Jeffray.

Salah satu potret keterlibatan masyarakat untuk menjaga danau adalah dengan membuat lembaga. Warga di Kelurahan Akcaya Kecamatan Sintang sudah melakukan dengan membuat Jemelak Lestari (JELAS). Selain menjaga, mereka juga mengola potensi wisata danau agar menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi masyarakat.

Jeffray Edward, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang

Komentar

Read Previous

Sintang Miliki 12 Danau Lindung

Read Next

Target Selesai Pembangunan Jembatan Ketunggau II Mundur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *