• Rabu, 17 April 2024. Jam: 13:17

Darnila Jabat Kepala Disdukcapil Singkawang

Singkawang, Kalbar – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Singkawang kini dijabat Darnila yang sebelumnya menjabat sebagai  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Pelantikan Darnila sebagai Kepala Disdukcapil dilakukan Pj Wali Kota Singkawang di Ruang Bumi Betuah kantor Wali Kota, Rabu (28/02).

Selain melantik Kepala Disdukcapil, Pj Wali Kota juga mengukuhkan kembali Widy Okta Prasetya sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Sosial di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan pelantikan ini menjadi gambaran suatu penyegaran tata kelola pemerintahan serta kesempatan untuk berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanan melalui penempatan yang tepat dan telah disepakati bersama.

Selain itu juga sebagai tindaklanjut atas ditetapkannya Peraturan Wali Kota Singkawang Nomor 10 Tahun 2023 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang mana terdapat perubahan struktur organisasi.

“Selamat kepada pejabat yang dilantik, terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan selama menjabat pada jabatan sebelumnya. Saya meyakini dengan penempatan yang tepat sesuai kesepakatan bersama dan sinergi yang baik antar instansi, kita akan dapat mencapai hasil pelayanan yang lebih baik.” ucapnya.

Sumastro juga memberikan arahan terutama bagi Kepala Disdukcapil terkait identitas kependudukan. Yakni melakukan percepatan dalam Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik baru.

Arahan tersebut dimaksudkan untuk persiapan memghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan datang, sehingga ada peningkatan jumlah partisipasi dari pemilih pemula.

“Kita sebentar lagi akan menghadapi pemilihan kepala daerah, jadi saya ingin agar perekaman KTP elektronik itu semakin digencarkan. Apalagi Singkawang ini tidak terlalu luas dan seluruh daerahnya bisa dijangkau, jadi tidak ada alasan jika capaian perekaman kita tidak tinggi.” tegasnya.

Dari pelantikan ini juga, Sumastro menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Singkawang telah membuka seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Salah satunya adalah jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang baru saja ditinggalkan.

“Open bidding ini di ranah birokrasi, yang tentu mengedepankan merit sistem. Kita akan cari yang betul-betul profesional, kompeten dan memenuhi persyaratan. Dan kita berharap punya komitmen dan integritas memajukan Singkawang saat ini dan masa yang akan datang.” jelasnya.

Di akhir pelantikan, dilakukan penyerahan Surat Perintah Pelaksana Tugas oleh Pj Wali Kota Singkawang kepada Supardiana sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang.

Read Previous

Ketua Dekranasda KH Menghadiri Pameran Kerajinan International Handicraft Trade Fair

Read Next

Sejarah Baru Singkawang, Bandara Segera Beroperasi 18 April Mendatang