• Senin, 19 April 2021. Jam: 19:25

Harga Sejumlah Komoditas Sayur Naik

Harga Sejumlah Komoditas sayuran mengalami kenaikan

Melawi, Kalbar – Sejumlah komoditas sayuran di Kabupaten Melawi mengalami kenaikan. Eko (19), salah seorang pedagang sayur di Jalan Juang Km 2, mengatakan komoditas sayuran yang mengalami kenaikan, diantaranya Kacang Panjang, Timun, Terong, Buncis dan Tomat. “Harganya mulai naik sejak Senin, (8/3),” ungkap Eko.

Ia mengatakan, kenaikan harga beberapa komoditas sayuran tersebut, berasal dari penyuplai. Penyebabnya, suplai sayuran sedang berkurang. “Ketersediaan stok sayuran kurang sejak beberapa hari ini,” katanya.

Dikatakan dia, para petani yang biasa menyuplai sayuran ke pedagang, sejak beberapa hari ini tidak menyuplai hasil panen mereka. Biasanya, kata Eko, dia menerima suplai sayuran dari petani lokal di daerah Kelaki atau dari Kabupaten Sintang. Meskipun mendapatkan suplai sayuran dari petani di Kabupaten Sintang dan dari daerah Kelakik, namun stok sayuran yang tersedia lebih sedikit dibandingkan jumlah permintaan. “Akibatnya, harga sayuran dari penyuplai sudah naik. Jadi kami sebagai pegadang terpaksa ikut menaikan harga,” katanya.

Kata Eko, menurut penyuplai sayuran, harga untuk beberapa komoditas sayuran sudah mengalami kenaikan dari petani. Selain sayuran, komoditas cabai juga mengalami kenaikan. Harga cabai ini memang sudah lama naik. Harga cabai dipasaran sekarang berkisar Rp120 ribu perkg. Biasanya berkisar Rp100 ribu perkg. (Ririn/editor : Tantra Nur Andi)

Komentar

Read Previous

Sintang Masih Kekurangan Banyak Guru

Read Next

Abu Limbah Batubara, Bahan Strategis Baru