• Jumat, 17 September 2021. Jam: 18:55

Dorong Partisipasi Pemilih – Pemkab Sanggau Gelar Penyuluhan Politik

Sanggau, Kalbar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Kabupaten Sanggau menggelar penyuluhan pengembangan partisipasi politik masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Balai Belungai, Kecamatan Toba, Jumat (27/8).

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan, kegiatan penyuluhan partisipasi politik masyarakat di Desa Balai Belungai Kecamatan Toba adalah yang kelima kalinya.

“Tujuannya, pemerintah berharap ketika masyarakat dihadapkan dengan pesta demokrasi, baik Pemilihan Presiden, Pemilihan Gubernur, Legislatif dan Pemilihan Bupati, kita berharap masyarakat memberikan pilihan. Sebab pilihan masyarakat menjadi penentu kepemimpinan di masa-masa yang akan datang,” kata Wabup, Yohanes Ontot.
Ia mengatakan, kalau kita Pemkab Sanggau tidak melakukan penyuluhan ini bisa jadi masyarakat akan banyak yang golput atau tidak memilih siapapun.

“Mudah-mudahan dengan adanya penyuluhan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, saat pesta demokrasi mendatang. Kita berharap jangan sampai ada orang yang tidak menggunakan hak pilihnya (golput) dalam sebuah pesta demokrasi,” ujarnya.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius menyampaikan, kegiatan penyuluhan partisipasi politik masyarakat dilaksanakan di Desa Balai Belungai, dimana desa ini merupakan salah satu desa yang masuk ke dalam desa fokus.

“Desa Balai Belungai masuk di dalam desa fokus, karena dari pengalaman pemilu yang lalu, ternyata tingkat partisipasi politik masyarakat masih belum seperti yang kita harapkan, yakni belum mencapai 80 persen,” kata dia.
Ia berharap ke depannya, dengan adanya penyuluhan ini keikutsertaan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya meningkat.

Kades Balai Belungai Hardi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau karena sudah melaksanakan penyuluhan partisipasi politik masyarakat di Desa Balai Belungai.
“Dengan adanya penyuluhan ini masyarakat mengerti dan memahami, kenapa kita harus menggunakan hak pilih. Semoga di tahun 2024 mendatang, kita masyarakat Desa Balai Belungai menjadi terarah dan mengerti bagaimana memilih sesuai dengan hati nurani mereka,” kata Kades Balai Belungai, Hardi.

Read Previous

Paolus Hadi : Ibu Panutan Anak

Read Next

Sanggau Terima Bantuan Ambulance dari Pemprov Kalbar