• Minggu, 14 April 2024. Jam: 09:26

Pembangunan Gereja Pembersatu Kerukunan Hidup Dengan Umat Agama Lainnya

Landak, Kalbar – Peletakan Batu Pertama Gereja Santa Katarina Paroki Santo Paulus dari Salib Mandor, Keuskupan Agung Pontianak, yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius dan diberkati oleh Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus , di halaman Gereja Santa Katarina. Kamis, (15/6/2023).

Pada kesempatan tersebut Vinsensius menyampaikan bahwa Pembangunan Gereja Bukanlah sebuah pembangunan pembangunan prasarana keagamaan biasa, tetapi sebuah proses spiritual dan pembentukan iman serta jati diri murid kristus, selain itu pembangunan gereja juga untuk membangun semangat kebersamaan, kerjasama, partisipasi dan tanggung jawab bersama.

“Pembangunan Gereja adalah hal yang sangat penting sebab Gereja merupakan rumah yang Kudus, tempat bertemunya umat dengan Tuhan dan diharapkan berfungsi menjadi agen pembaharuan, baik dibidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi rakyat dan pembinaan masyarakat,” ujar Vinsensius.

Lebih lanjut Vinsensius menyampaikan bahwa kehadiran gereja ditengah-tengah masyarakat sebagai pembersatu umat agar terjalin kerukunan hidup antara sesama umat maupun dengan umat agama lainya.

Oleh karena itu melalui pembangunan gereja ini diharapkan tidak hanya menghasilkan manusia yang cerdas, akan tetapi jauh lebih penting yaitu bagaimana menghasilkan manusia yang memiliki iman, bermoral dan takut akan Tuhan,” tukas Vinsensius.

Membangun Rumah Tuhan bukanlah hanya membangun fisik semata tetapi juga harus di imbangi dengan membangun rohani umat gereja tersebut, Sambung Vinsensius, dalam membangun gereja dibutuhkan komitmen, kesungguhan dan kerjasama dari semua pihak yang membangun persekutuan dan memberi apa yang ada pada diri kita serta meyakini bahwa tuhan akan memberkati sampai kita menyelesaikan pembangunan gereja ini dengan baik.

“Keikhlasan, pengorbanan, sukacita dan kerja sama menjadi komponen yang harus ada tertanam dalam diri semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Gereja ini, sehingga seberat apa pun pekerjaan yang dilaksanakan, jika dilakukan dengan keyakinan dan niat yang tulus dari umat maka akan bisa diselesaikan, sebab prinsip utama dalam pembangunan Gereja adalah persembahan yang didasarkan pada keyakinan dan iman yang memberi dengan kerelaan dan keikhlasan,” tutur Vinsensius.

Vinsensius berharap pembangunan gereja ini dapat dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah ini. Maka dari itu kita harus optimis dan meyakini bahwa pembangunan gereja akan berjalan lancar dan dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama.

“Dengan adanya pembangunan gereja ini, diharapkan kualitas peribadatan umat digereja katolik Santa katarina paroki sato Paulus dari salib mandor akan semakin meningkat, karena saya yakin bahwa dengan semakin indahnya suasana gereja akan meningkat kualitas ibadah umat di gereja tersebut,” tutup Vinsensius.

Read Previous

Asisten Sekda Landak Lepas Keberangkatan Jemaah Haji

Read Next

Kasus Rabies Tertinggi di Kalbar, Sintang Darurat Vaksin