• Jumat, 17 September 2021. Jam: 02:55

Pemkab Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Damai

Sintang, Kalbar – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang, Ir. Florentinus Anum, M. Si mengajak semua elemen masyarakat untuk mengupayakan sekuat tenaga menciptakan suasana yang aman dan damai baik pada tahapan pilkada maupun dimasa yang akan datang. “Pilkada ini merupakan agenda nasional. Sintang salah satu dari ratusan daerah yang menyelenggarakan pilkada. Kita diberikan kesempatan untuk memilih pemimpin secara demokratis. Waktu yang diberikan ini, kita jalankan dengan baik. Pilkada ini harus aman dan sehat,” katanya.
Sementara itu, Badjau Jambang, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Sintang meminta, camat dan Forkpimcam harus cepat bertindak jika ada masalah di kecamatan sehingga tidak melebar sampai ke kabupaten.

Sekretaris Umum Puspawaja Kabupaten Sintang, Sih Sarwodadi Teguh menyampaikan, selama ini suasana panas hanya di media sosial saja. “Perlu ada banyak imbauan dari para sesepuh dan tokoh untuk masyarakat. “Jangan bosan untuk memberikan imbauan,” pinta Sih Sarwodadi Teguh. Sementara H. Ulwan, Ketua MUI Kabupaten Sintang mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang untuk menebalkan iman kepada Tuhan. “Kalau imannya tebal, maka seseorang tidak akan menjadi provokator dan tidak mudah terprovokasi. “Setelah itu, maka dia mampu mengendalikan diri,” terang H. Ulwan.
Mawardi, Ketua Ikatan Dayak Muslim Kabupaten Sintang memberikan saran agar bisa mengantisipasi potensi gesekan antar pendukung pasangan calon.
“Saya menyarankan setiap TPS nanti disiapkan petugas kesehatan dan ambulance. Saya setuju kalau ada pertemuan antara kalangan muda di Kabupaten Sintang. Anak muda inikan emosionalnya tinggi,” usul Mawardi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad berharap agar tim sukses, simpatisan dan pendukung pasangan calon untuk menghargai demokrasi dengan baik. “Gunakan cara yang terhormat. Inikan pesta demokrasi, maka suasananya harus menyenangkan. Jangan tarik umat beragama dalam perpolitikan. Meskipun secara pribadi memiliki hak politik. Mari kita semua sama-sama menahan diri sembari meningkatkan keimanan,” terang H. Anuar Akhmad.

Read Previous

Jaga Hutan Milik Anak Cucu Bangsa

Read Next

Forkopimda Sintang Rakor Kamtibmas