• Jumat, 12 Juli 2024. Jam: 06:18

Anita Puji Kerajinan Karya Pengrajin Pontianak di Inacraft

Jakarta, Kalbar – Pj Ketua Dekranasda Kota Pontianak Anita Ani Sofian memberikan apresiasi yang tinggi terhadap produk kriya yang ditampilkan oleh para pengrajin Kota Pontianak pada pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) tahun 2024. Inacraft yang digelar setiap tahunnya ini diikuti sebanyak 1.500 peserta UMKM yang mengisi Hall Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 28 Februari – 3 Maret 2024. Dalam pameran kerajinan terbesar di Indonesia ini, ribuan pengrajin memamerkan beragam produk kriya dengan nilai artistik tinggi dan keunikan khas daerah masing-masing termasuk Kota Pontianak. Dekranasda Kota Pontianak menampilkan berbagai barang kerajinan tangan seperti souvenir khas Pontianak, tas etnik bahan kain corak insang, pakaian corak insang, bahan kain khas corak insang, kain berlukiskan prada, lukisan dari ampas kopi dan sebagainya.

“Alhamdulillah tadi Bapak Presiden kebetulan melewati stand Kota Pontianak di Paviliun Kalbar dan menerima lukisan ampas kopi yang dibuat oleh pengrajin kita, Pak Harry,” ujarnya saat meninjau stand Dekranasda Kota Pontianak di JCC, Rabu (28/02).

Anita menyebut, kehadiran para pengrajin dan produk kriya mereka sangat berarti bagi pengembangan industri kreatif daerah. Terlebih pameran Inacraft ini menjadi ajang penting bagi para pengrajin lokal untuk memperkenalkan karyanya kepada masyarakat luas.

“Kami sangat bangga melihat kreativitas dan kerja keras para pengrajin lokal dalam menghasilkan produk kriya yang berkualitas tinggi. Ini merupakan potensi besar bagi perkembangan industri kreatif di Kota Pontianak,” tuturnya.

Dirinya berharap semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mendukung produk kriya lokal dan turut memajukan industri kreatif daerah, maka akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, termasuk para pelaku UMKM.

“Semoga ini menjadi industri kreatif daerah yang terus berkembang dan menjadi salah satu sektor yang menggerakkan perekonomian lokal secara berkelanjutan,” harapnya.

Koordinator Stand Kota Pontianak Kusmiati mengatakan, Tim Dekranasda Kota Pontianak telah mempersiapkan produk-produk unggulan yang ditampilkan di JCC. Berbagai produk kerajinan tangan seperti souvenir khas Pontianak, tas etnik bahan kain corak insang, pakaian corak insang, bahan kain khas corak insang dan sebagainya.

“Kemarin kami tiba di Jakarta langsung menuju ke JCC untuk loading produk-produk yang akan ditampilkan selama pameran berlangsung,” tuturnya.

Kusmiati berharap produk-produk UMKM dari Pontianak mampu menarik minat pengunjung yang datang ke stand Kota Pontianak di Paviliun Kalbar.

“Semoga produk-produk yang kami tampilkan selama pameran Inacraft ini bisa memancing minat pengunjung,” harapnya.

Sumarni, warga Jakarta yang berkunjung ke stand Dekranasda Kota Pontianak mengaku tertarik dengan produk-produk unggulan yang ditampilkan.

“Saya tertarik melihat kain lukisan prada karena tampilannya ada glitter-glitternya (berkilau), lain dari yang lain,” ungkapnya. (prokopim)

Oleh: Jemi Ibrahim

Read Previous

Pertemuan Perencanaan Pembangunan Pelayanan Kesehatan Sampai Tingkat Desa

Read Next

Revitalisasi Pendidikan Upaya Tingkatkan IPM