• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 09:03

Bupati Paolus Resmikan Bangunan Ritual Adat Pedagi

Sanggau, Kalbar – Bupati Sanggau Paolus Hadi mengikuti Ritual Adat Pedagi Macan Lojank. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke – 406 Kota Sanggau Tahun 2022, dengan tema Sanggau Bergotong Royong, Harmonis dan Inovatif Untuk Kesejahteraan Bersama, kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Borang, Desa Kambong, Kecamatan Kapuas, Rabu, (30/3). Bupati Sanggau juga sekaligus meresmikan sebuah bangunan yang akan digunakan sebagai tempat dilangsungkan Ritual Adat Pedagi Macan Lojank di lokasi bersejarah tersebut.


Kepala Desa Kambong, Nuai menyampaikan, ucapan rasa terima kasih kepada Bupati Sanggau yang telah membangun. “Tentu kami berterima kasih atas kehadiran Bupati Sanggau yang hari ini hadir langsung ke tempat ini, kami juga berterima kasih atas bangunan ini, tempat leluhur ini yang telah dibangun dan diresmikan tadi oleh pak Paolus Hadi,” ungkapnya.

Kemudian, setelah mengikuti rangkaian kegiatan ritual, ia juga menyampaikan, setelah memohon doa dan meminta para orang tua mendoakan dengan harapan Sanggau lebih maju dan lebih baik lagi.

“Hari ini saya senang, saya bisa datang, sudah yang keenam kali ritual di Borang ini dan baru kali ini saya bisa ke Borang mengikuti ritual adat yang ada. Tadi orang tua kita sudah mendoakan banyak untuk kita semua, untuk kemakmuran masyarakat Sanggau. Kita tentu menghormati para leluhur kita, kita juga melakukan doa secara adat kita,” tuturnya.


Selain itu, ia berpesan, agar menjaga bagunan yang telah dibangun dan menjaga situs karena merupakan bagian dari sejarah berdirinya Kota Sanggau.“Pesan saya, pertama, tempat makamnya macan lojank kita pelihara, tanah yang ada jangan dikuras, dipertahankan keasrian alamnya. Dari Pemerintah kita sudah membuat bangunannya, untuk ke depannya karena itu merupakan situs sejarah Kota Sanggau, mari kita jaga dan pelihara betul,” Pesannya.

Ia juga menyampaikan, agar kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya walaupun ia tidak menjabat sebagai bupati lagi nantinya. “Saya sebagai bupati saat ini berharap agar perayaan Hari Ulang Tahun kota Sanggau dan kegiatan ritual yang ada tetap dilanjutkan karena telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah yang disetujui DPRD maka setiap tahun akan kita rayakan,” Jelasnya.

Di akhir sambutannya, Paolus berharap, agar panen para masyarakat berhasil dan masyarakat sanggau semakin sejahter serta diberikan Kesehatan oleh Tuhan yang Maha Kuasa.
“Bapak-Ibu tetap semangat, semoga tahun ini rezeki panennya bagus, kita turut berdoa kita bekerja, saya doakan agar kita semuanya sehat dan semoga dengan ini kita semakin lebih baik,” harap Paolus.

Kemudian pada saat tersebut juga diserahkan secara simbolis bantuan berupa alat-alat musik kepada Kepala Dusun untuk digunakan saat kegiatan adat di Dusun Borang.
“Untuk masyarakat Desa Kampung, secara khusus masyarakat Borang, ini adalah bantuan pemerintah untuk sanggar di sini dan digunakan khusus untuk acara adat seperti ini. Ini diberikan karena setiap tahun kita melaksanakan ritual seperti ini, nanti yang menyimpan dan merawat adalah Kepala Dusun Borang,” pungkasnya.

Read Previous

Wakot Singkawang Terima Penghargaan Peringkat Pertama Kota Toleran

Read Next

Kepala Dinkes P2KB Siap Tingkatkan Kinerja Pelayanan Masyarakat.