• Selasa, 16 April 2024. Jam: 05:08

Bupati Sambas Satono ingin Sinergitas dalam Pengentasan Stunting dalam Pengukuhan Duta Kabupaten Sambas

Sambas, Kalbar – Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I, MH hadir dalam kegiatan pengukuhan Bunda Generasi Berencana (Genre) Kecamatan dan Duta Genre Desa se-Kabupaten Sambas tahun 2024. Terlaksana di Aula utama Kantor Bupati Sambas, (01/03).
19 Ketua TP PKK Kecamatan di kukuhkan menjadi Bunda Genre, serta 175 pasang duta genre dari desa-desa se-kabupaten Sambas turut dikukuhkan pada kegiatan tersebut.
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Ir. Piantauli Romangsi Siregar, M.M mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sambas yang telah memberikan atensi terhadap pelaksanan kegiatan ini.

“Dengan kesempatan ini kami berterima kasih sekali dengan pemerintah kabupaten Sambas yang sangat luar biasa mengapresiasi acara ini” ujar Piantauli Siregar.

Piantauli menambahkan bahwa tujuan pengukuhan duta genre adalah sebagai model yang akan meneruskan program-program luar biasa dari BKKBN di tingkat Desa.

“Tujuan dari pengukuhan hari ini adalah kita ingin memberikan satu pasang model di desa-desa yang nantinya mereka inilah yang akan meneruskan program-program yang sangat luar biasa, karena berdasarkan penelitian remaja ini lebih senang berkomunikasi dengan remaja lainnya“ tambahnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sambas yang sekaligus sebagai Bunda Genre Kabupaten Sambas,l HNy. Hj. Yunisa, S.Pd, M.A.P menyampaikan bahwa kegiatan yang terlaksana hari ini merupakan salah satu langkah dalam rangka melahirkan generasi emas 2045.

“sebagaimana kita ketahui bersama tentunya kita mempersiapkan generasi emas di tahun 2045” buka Yunisa.

Dirinya menambahkan bahwa ke depan akan membuat program dalam rangka para duta genre ini khususnya di desa untuk bersama-sama mengentaskan angka stunting, dengan membekali duta genre dengan pengetahuan terkait stunting.

“kita akan memberikan edukasi terkait stunting kepada duta genre ini dengan harapan di transfer kembali kepada remaja-remaja yang ada di Kabupaten Sambas melalui Duta Genre Desa yang kita kukuhkan pada hari ini” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I, MH menyampaikan dengan terbentuknya sinergitas pemda bersama duta genre ini merupakan sebuah terobosan dalam penurunan angka stunting khususnya di kabupaten Sambas.

“ini merupakan terobosan yang luar biasa dalam rangka untuk bersinergi pemerintah Daerah dalam rangka menurunkan angka stunting sebagaimana yang menjadi atensi presiden joko Widodo” ucap H. Satono.

Bupati H. Satono yang juga sebagai Ayah Genre ini meminta agar pasca pengukuhan ini bisa dia agenda kan kegiatan-kegiatan di desa guna mensinergikan kegiatan strategis khusunya penurunan angka stunting dengan melibatkan duta genre desa.

“Saya minta pasca dikukuhkan kepada ketua Genre Kabupaten untuk mengagendakan kegiatan-kegiatan yang bisa langsung terus dilaksanakan di desa-desa” tambahnya “Sehingga pasca pengukuhan ini ada kegiatan strategis yang bisa sinergikan”
“insyaallah saya melihat potensi sangat terbuka jika kita bersinergi dengan semua komponen termasuk tokoh masyarkat, tokoh agama, tokoh pendidik, semua elemen masyarakat bersatu padu untuk penurunan stunting dan mendorong lahir generasi Indonesia emas”

Read Previous

Kompetisi Si Semangad 2024, Jaring Ide Kreatif Perangkat Daerah

Read Next

Bupati Satono Ingin Percepatan Peningkatan RLS di Kabupaten Sambas