• Senin, 15 April 2024. Jam: 17:33

Bupati Sanggau Buka Seminar Transisi Berkeadilan

Sanggau, Kalbar – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman membuka Seminar Transisi Berkeadilan di Perkebunan Sawit bertempat di Aula Kantor Camat Toba Kecamatan Toba. Sabtu (23/3).

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Teraju Indonesia bekerja sama dengan federasi serikat buruh kebun sawit Kalimantan Barat.

Pj. Bupati Sanggau, Suherman dalam sambutannya mengatakan tujuan seminar ini memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep transisi dan relevansinya dengan kondisi buruh di perusahan sawit.

Transisi berkeadilan adalah konsep yang berfokus pada perubahan menuju ekonomi yang lebih berkelanjutan dan adil, dengan memastikan bahwa tidak ada kelompok yang terpinggirkan atau di rugikan dalam proses.

Kegiatan perkebunan kelapa sawit perlu di kelola secara optimal dan berkelanjutan guna menguatkan perekonomian wilayah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

“Tata kelola yang baik adalah prasyarat sekaligus sarana penting untuk menunjang berkelanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan pengusaha sawit” ucap Pj. Bupati Sanggau, Suherman dalam sambutannya.

Dalam rangka memperbaiki tata kelola perkebunan sawit, pemerintah pusat menerapkan sistem sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan yang di atur dalam Peraturan Menteri Pertanian No 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Yang Menetapkan ISPO Bersifat Mandatori atau Wajib.

Tentunya dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan menuju transisi berkeadilan dalam sektor perkebunan sawit di Indonesia.

Penulis   : Rizky Kurniawan

Editor     : E.A.Lusy

Read Previous

Pj. Bupati Sanggau Buka Seminar Transisi Berkeadilan di Perkebunan Sawit

Read Next

Pj. Bupati KKU Gelar Safari Ramadhan Seponti