• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 07:58

Cegah Stunting, Warga Desa Entibab Manfaatkan Pekarangan Rumah

Kapuas Hulu, Kalbar – Dalam upaya pemenuhan gizi keluarga, warga Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur – sayuran, Sabtu (29/1).

Pemanfaatan Pekarangan di Kampung KB Desa Entibab tersebut dilakukan  secara antusias oleh warga setempat dengan kegiatan bercocok tanam dalam media tanam.

Selanjutnya, tenaga kesehatan Puskesmas Bunut Hilir turut hadir dalam kegiatan tersebut, mereka mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak Desa Entibab yang telah menginisiasi, kegiatan pemanfaatan pekarangan untuk menanam tanaman sayur – sayuran yang memiliki kandungan gizi. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, dalam upaya pemenuhan Gizi keluarga dalam rangka upaya pencegahan stunting. Di samping itu untuk peningkatan ketahan keluarga dan masayarakat di Kampung KB melalui penguatan ekonomi keluarga,” ungkap Kepala Puskesmas Bunut Hilir.

Sementara itu, Kepala Desa Entibab, Iwan Budiana menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai implementasi dari Peraturan Mentri Desa PDTT Nomor 7 tahun 2021 yang  fokus kepada pemulihan ekonomi, dengan mengaplikasikanya melalui kegiatan. “Pemanfaatan pekarangan sebagai lahan untuk bercocok tanam jenis sayuran, dengan harapan minimal yaitu mampu memenuhi kebutuhan keluarga, dan bisa menjadi nilai tambah ekonomi keluarga itu target besarnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Warsan, ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, tujuan kegiatan tersebut yakni untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. “Ketika gizi terpenuhi tidak akan terjadi kasus gizi buruk. Karena gizi buruk adalah penyebab Stunting, sehingga secara tidak langsung kegiatan pemanfaatan pekarangan ini salah satu cara untuk mencegah stunting,” ucapnya.

 Ia juga mengatakan, bahwa bisa menambah nilai estetika suasana kampung terlihat bersih dan indah. “Untuk menuju masyarakat yang mandiri sesuai dengan nama kampung KB Desa Entibab Bersih Indah dan Mandiri atau dengan sebutan BERIMAN,” tuturnya.

Untuk mendukung kegiatan masyarakat tersebut, pemerintah desa Entibab memberikan bantuan 6 keping papan pada setiap rumah, pembagian bibit sayuran yang bekerja sama dengan PKB pembina kampung KB, pembagian sarana Sarana Produksi (SAPRODI) yaitu Polibag, pupuk dan handsprayer. Kemudian, kegiatan penanaman  tersebiut dilakukan oleh masyarakat di pekarangan rumah masing – masing.

Melalui kegiatan bercocok tanam di pekarangan rumah itu, seluruh masyarakat Kampung KB Desa Entibab mampu melaksanakan arahan dan himbauan pemerintah desa. Kemudian, Seluruh masyarakat Kampung KB Desa Entibab bisa bekerjasama antar keluarga dalam melaksanakan kegiatan ini. Seluruh masyarat komitmen dengan kesepakatan bersama.

Read Previous

Ketua PPNI Kapuas Harap Lebih Perhatikan Nasib Perawat

Read Next

Walkot Singkawang Serahkan Bantuan Keramik untuk Warga