• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 09:22

Feri Kurniadi Ingin Jadikan Kota Sintang Sebagai Kota Pramuka

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Igor Nugroho membuka Rapat Kerja Cabang I Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Cadika  Pusdiklat Gerakan Pramuka Sintang pada Sabtu, (19/3).

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Igor Nugroho mengatakan, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang, yang telah dilantik, maka untuk kepengurusan yang baru diharapkan dapat melanjutkan apa yang telah dicapai oleh pengurus sebelumnya dan lebih meningkatkan peran gerakan pramuka di Kabupaten Sintang dalam membentuk tunas-tunas muda agar memiliki watak, kepribadian, serta semangat untuk terus berkarya.

“Saya menaruh perhatian dan menyambut baik terhadap penetapan tema pada rapat kerja tahun ini, yakni membangun kebersamaan untuk gerakan perubahan. Membangun suatu bangsa bukan semata-mata membangun sesuatu yang bersifat fisik semata, namun sesungguhnya yang lebih utama adalah membangun semangat kebersamaan, persatuan, kegotong royonganan dengan saling hormat menghormati hal ini merupakan ciri kepribadian dan karakter serta budaya bangsa indonesia yang harus terus dilestarikan,” ujarnya.

Menurutnya, gerakan pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata pramuka sendiri merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Oleh sebab itu, gerakan pramuka merupakan bagian penting yang berkontribusi dalam membentuk karakter bangsa karakter yang mencerminkan jiwa dan semangat kebersamaan, persatuan, patriotisme, berkepribadian dan selalu berkarya untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik dan maju.

“Di dalam nilai nilai luhur yang terkandung di dasa dharma dan tri satya pramuka hendaknya selalu menjadi acuan dan pedoman kita dalam upaya mengembangkan dan memajukan gerakan pramuka khususnya di Kabupaten Sintang. Sehingga generasi muda yang tergabung dalam gerakan pramuka nantinya akan memiliki jiwa dan kepribadian yang sejalan dengan dasa dharma pramuka,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia juga menjelaskan, bahwa melaui rapat kerja ini akan ditetapkan langkah-langkah perubahan melalui penyusunan program kerja kwartir cabang yang lebih inovatif dan tepat sasaran dalam membangun dan mengembangkan gerakan pramuka di Kabupaten Sintang.

“Jadikan rapat kerja cabang ini sebagai momentum untuk mengevaluasi diri, membenahi berbagai kekurangan dan menentukan strategi yang tepat agar keberadaan gerakan pramuka di Kabupaten Sintang dirasakan manfaatnya bagi anggota pramuka dan masyarakat serta tetap diminati oleh generasi muda,” jelas Igor.

Untuk  mewujudkan hal ini dibutuhkan kerja keras dan semangat kebersamaan. Kemajuan gerakan pramuka di Kabupaten Sintang bukan hanya menjadi tanggung jawab pengurus kwartir cabang semata namun lebih daripada itu butuh dukungan dari berbagai pihak, karena pembentukan karakter generasi muda. Ke depan menjadi tanggung jawab kita bersama.

Igor menyampaikan, pesan dan harapan kepada kakak-kakak, anggota pramuka kwartir cabang Sintang jadilah anggota pramuka yang memiliki mental dan kepribadian yang kuat, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan senantiasa berkarya dan bekerja keras dengan selalu menjunjung tinggi nilat nilai Pancasila, dasa dharma dan tri satya gerakan pramuka.

Feri Kurniadi,  Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang periode 2021-2026 menyampaikan, misinya yaitu menjadikan  Kota Sintang sebagai Kota Pramuka karena kita ingin membentuk karakter anak muda yang baik.

“Kita sering mendengar operasi penyakit masyarakat yang dilakukan di dalam kota Sintang dan  yang terjaring itu 80 persen para pelajar. Baik tingkat SMP maupun SMA. Bahkan kasus ini sudah sampai ke kecamatan. Maka program 100 hari ke depan adalah saya akan berkunjung ke ranting di kecamatan untuk melihat kondisi ranting. Inilah benteng pramuka untuk membina anak bangsa. Target kita, beberapa tahun ke depan kita akan terus menurunkan angka kenakalan remaja di Kabupaten Sintang,” jelasnya.

Feri mengungkapkan, agar dapat dukungan dari Polsek dan Danramil untuk membantu mengaktifkan gerakan pramuka di kecamatan. Untuk mengatasi kenakalan remaja khususnya pelajar. Kwartir ranting di 14 kecamatan merupakan ujung tombak rencana ini. Pihaknya ingin  erencanakan untuk membentuk paling tidak 50 pelatih pramuka sampai 2026 nanti untuk di Kabupaten Sintang

Selain itu, dia mengatakan, dengan banyaknya pelatih pramuka, ia tidak mau  mendengar anak-anak pramuka yang meninggal karena latihan pramuka. Nanti ada SOP yang benar dan mengikuti perkembangan jaman.  Dengan  mengedepankan sistem asih, asuh, asah dan among. Sesuai kode pramuka yang ada. Tujuan terakhirnya adalah hidup bahagia dan matipun bahagia. Sesuai dasa dharma yang ke 10 yakni suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

“Saya juga mendorong pramuka di Kabupaten Sintang untuk mengabdi kepada masyarakat. Tunjukan kepada masyarakat bahwa pramuka bukan hanya tepuk tangan dan baris berbaris serta kemah, tetapi bermanfaat dan membantu masyarakat. Rakercab ini, kita ingin membangun komunikasi dengan ranting,” pungkas Feri.

Read Previous

Aliran Listrik Di 8  Desa Kecamatan Meliau Diresmikan

Read Next

Bupati Sintang Letakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Joglo