• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 06:12

Gelar Aksi Gerakan Pangan Murah

Singkawang, Kalbar –   Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKPP) bersama Badan Pangan Nasional menggelar aksi Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Mess Daerah, Senin (26/6/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Singkawang bersama Pj. Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Forkopimda Kota Singkawang, Kepala Dinas PKPP Kota Singkawang, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Singkawang, dan Komandan Subdenpom XII/ 1-1 Singkawang.

Pj. Wali Kota Sumastro memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang berkontribusi dalam program GPM ini, yaitu Dinas PKPP Kota Singkawang dan Badan Pangan Nasional. Ia berharap setiap masyarakat yang mengikuti program GPM dapat betul-betul merasakan manfaat demi kelangsungan hidup dan kebutuhan rumah tangga.

“Pagi ini kita melakukan gerakan pangan murah secara serentak nasional. Tentunya, kerjasama antara Dinas PKPP Kota Singkawang dan Badan Pangan Nasional ini patut kita apresiasi. Dimana program GPM ini patut juga kita syukuri dan kita manfaatkan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Kepada masyarakat, silahkan berbelanja dan mau berbagi dengan memberi kesempatan kepada yang lainnya supaya kita sama-sama bisa merasakan manfaat program GPM ini. Cukup bawa KTP dan KK serta belanja seperlunya,” tambahnya.

Kepala Dinas PKPP Kota Singkawang Dwi Yanti mengatakan sebanyak 1000 paket bahan pangan dijual dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran. Program ini dilakukan serentak secara nasional menjelang Idul Adha 1444 H dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi pangan di Kota Singkawang pada tahun 2023.

“Ini sudah yang ketujuh kalinya kita lakukan di Kota Singkawang pada tahun 2023 ini. Tujuannya untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di tingkat produsen dan konsumen. Serta memberikan kemudahan aksesibiltas pangan bagi masyarakat,” ujarnya.

Seperti pada kegiatan GPM sebelumnya, masyarakat cukup membawa diwajibkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK). Tujuan persyaratan ini dilakukan untuk pendataan sehingga setiap paketnya dapat terdistribusi secara merata.

Adapun paket-paket yang dipersiapkan pada GPM kali ini berupa 10 kg beras, 2 liter minyak goreng kemasan, 1 kg Bawang putih, 1 kg Bawang merah dan 2 kg Gula pasir. Menjelang Idul Adha 1444 H, GPM kali ini menyediakan daging kerbau beku yang dibanderol dengan harga Rp 85.000/kg dan sayur mayur lainnya, seperti terong, sawi, cabe rawit dan lain-lain.

“Untuk GPM kali ini yang sedikit berbeda, kita menyediakan sayur mayur yang kita pasok langsung dari petani sehingga harga relatif lebih murah dari harga di pasar. Kita juga menyediakan daging beku karena sebentar lagi kita akan menghadapi Idul Adha 1444 H,” tambahnya.

Bid. IKP

Read Previous

Gelar Pangan Murah di Aloe Vera Center

Read Next

Gerakan Pasar Murah, Ratusan Warga Bedatangan