• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 08:24

Gereja Katolik Santa Maria Stasi Diresmikan

Sanggau, Kalbar  – Bupati Sanggau Paolus Hadi bersama Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, menghadiri sekaligus meresmikan Gereja Katolik Santa Maria Stasi Boro Paroki Gembala yang Baik Kuala Dua Keuskupan Sanggau di Dusun Boro Desa Kelompu, Kecamatan Kembayan, Minggu (24/4).

Setelah diresmikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, Gedung Gereja diberkati oleh Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini, CP yang kemudian memimpin misa bersama umat Stasi Boro.

Ketua Panitia Pembangunan, Stefanus Udin mengatakan, bahwa dana pembangunan gereja berasal dari berbagai sumber yang menyumbangkan dana maupun jasa dan tenaga selama proses bembangunannya.

“Sumber dana pembangunan berasal dari iuran umat stasi boro, dari keuskupan sanggau, hibah pemerintah daerah sanggau, donator, yayasan, perusahaan maupun individu yang membantu dana maupun tenaga jasa dan sampai akhir diresmikan Gedung Gereja maupun Pembebasan Tanah menelan dana sebesar Rp 1.449.658.200,- (Satu Miliar Empat Ratus Empat Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Dua Ratus Rupiah),” ujarnya.

Ia menyampaikan, ucapan terimakasih kepada para donatur dan jemaat yang telah membantu menyumbangkan dana dan kompak selama proses pembangunan Gedung gereja tersebut.

“Saya atas nama panitia mengucapkan terimakasih kepada seluruh donator dan umat yang telah membantu menyumbangkan bantuan materil maupun non materil sehingga hari ini dapat diresmikan oleh Bupati dan Wakil Bupati,” tuturnya.


Bupati Sanggau,Paolus Hadi mengatakan, bahwa sejarah gereja tersebut sudah 26 tahun yang lalu adalah Kapel yang diresmikan oleh Uskup Sanggau.

“Gereja ini sudah memiliki sejarah karena dua puluh enam tahun yang lalu Bapak Uskup meresmikan sebuah Kapel dan hari ini beliau meresmikan sebuah gereja besar karena dukungan umat di tempat ini,” ungkap Paolus.

Ia berpesan, peran pemerintah dalam hal ini tentu mendukung karena semangat dan swadaya masyarakat yang besar pasti akan didukung oleh pemerintah.

“Peran pemerintah yakni kami sebagai pemerintah Kabupaten Sanggau selalu mensupport. Apabila swadaya umatnya kuat pasti pemerintah mensupport. Untuk itu saya ucapkan selamat pada umat di tempat ini dan terus tingkatkan keimanan sesuai dengan pesan Bapak Uskup tadi,” pungkasnya.

Read Previous

Bupati Melawi Dukung Pencapaian 70%  Vaksin Dosis Kedua

Read Next

Bupati Citra Duani Lakukan Kunker di Desa Teluk Batang