• Senin, 15 April 2024. Jam: 17:32

Kadis Kominfo Sanggau Hadiri Pemaparan Hasil ITSA Oleh BSSN

Sanggau, Kalbar – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau menghadiri kegiatan pemaparan hasil pelaksanaan Information Technology Security Assesment (ITSA) oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) yang dilaksanakan mulai tanggal 4 Maret 2024 sampai dengan tanggal 7 Maret 2024 bertempat di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau. Kamis (7/3).

Pada kegiatan tersebut, Damar selaku Ketua Tim Teknis ITSA dari BSSN menyampaikan beberapa catatan tentang keamanan beberapa aplikasi yang telah diuji kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau.

“Setelah beberapa hari kami melakukan audit IT, memang ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan sudah kami rekap, kami juga akan memberikan langkah-langkah yang perlu di ambil berdasarkan hasil pemeriksaan dari tim kami,” jelasnya.

Dalam kunjungannya kali ini, ada tiga aplikasi yang menjadi fokus pemeriksaan keamanan oleh tim teknis ITSA BSSN, yakni Aplikasi SIMAKDA, Aplikasi e-PHYO dan Aplikasi SP2D online.

“Sesuai prosedur kami, maka kami akan menindaklanjuti hasil pemeriksaan keamanan aplikasi tersebut dan akan kami kirimkan ke Dinas Kominfo sebagai leading sector untuk di informasikan kepada pihak pengembang agar melakukan langkah pengamanan,” jelas Damar.

Di waktu yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto juga mengungkapkan terimakasih kepada tim ITSA dari BSSN yang telah melakukan pengujian aplikasi tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari BSSN yang telah melakukan kolaborasi bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Keamanan sistem merupakan hal yang mutlak apalagi itu berkaitan dengan data pribadi dan pengelolaan keuangan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa usulan hasil audit dari tim ITSA BSSN akan segera dilaksanakan sehingga menjamin proses pemerintahan di Kabupaten Sanggau agar lebih baik dan tidak ada masalah keamanan di kemudian hari.

“Kami akan meminta pihak vendor atau pengembang aplikasi untuk melakukan perbaikan pada sistemnya sehingga ke depan kita harapkan tidak ada masalah yang timbul dalam proses pemerintahan di Kabupaten Sanggau,” pungkas Joni.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Perangkat Daerah, Inspektorat, BPKAD, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau.

Penulis    : Yosafat Liunome

Editor      : E.A.Lusy

Read Previous

Pj Bupati Sanggau Ingatkan Hal Ini, Saat Buka RAT KSP CU Lantang Tipo

Read Next

BPBD Kayong Utara Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di Desa Sui Mata Mata