• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 07:14

Kominfo Singkawang Sampaikan Evaluasi Penerapan Core Values ASN

Singkawang, Kalbar – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang,  Evan Ernanda menyampaikan saat evaluasi kinerja dan penerapan Core Values dan Employer Branding ASN di Dinas Kominfo, Senin (18/4).

Ia mengatakan,  kepada seluruh ASN di bawahnya agar , BerAKHLAK menjadi fondasi kokoh dalam penguatan budaya kerja ASN yang profesional dan solid, bukan sekedar pada slogan semata.

“Budaya kerja yang solid adalah kinerja dan kinerja itulah menjadi indikator-indikator keberhasilan pembangunan visi misi  Singkawang Habat  yang dicanangkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang. Mudah-mudahan dengan satu core values ini menjadi akar yang dalam untuk bisa kita tanam pada jangka panjang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, BerAKHLAK menyederhanakan nilai-nilai dasar ASN yang ada dalam UU No. 5/2014 tentang ASN serta arahan Presiden RI Joko Widodo yang sering menekankan pentingnya pelayanan kepada masyarakat. Nilai-nilai tersebut dikerucutkan menjadi tujuh nilai yang berlaku bagi ASN secara umum, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Menurutnya,  dengan ditetapkannya satu core values, maka budaya kerja akan kokoh dan mengakar kuat karena tidak akan mudah diganti setiap waktu oleh pemimpin instansi. Fenomena yang sering terjadi adalah kerapkali jika terjadi pergantian pemimpin instansi, maka core values akan berubah. Sehingga core values-nya belum sempat mengakar kuat menjadi budaya kerja, karena kemudian dicabut dan diganti oleh pemimpin baru.

“Padahal membangun budaya kerja tidak bisa dibangun dalam waktu singkat. Perlu upaya yang terus menerus, dari waktu ke waktu dan dalam jangka panjang,” ungkap Evan.

Evan mengungkapkan, dengan adanya satu core values akan memudahkan proses adaptasi bagi ASN ketika melakukan mobilitas antar-instansi pemerintah. ASN tidak perlu menyesuaikan diri lagi dengan core values baru di instansi yang dituju karena sudah ada panduan perilaku yang berlaku secara umum untuk ASN di mana pun dia bertugas.

Terkait dengan penerapan  Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa, yang mengkomunikasikan bahwa ASN adalah profesi yang bangga melayani bangsa. Profesi ASN patut dibanggakan. Karena, ASN diberi pengakuan dan penghargaan yang adil, diberi kesempatan meningkatkan kompetensi seluas-luasnya, dan diberi kesempatan terbuka untuk berkarier.

 Ia mengaku, pihaknya telah melakukan upaya-upaya nyata dengan mensosialisasikan dan mengedukasi ASN di Diskominfo untuk dapat menghayati makna tersebut sampai pada sanubari paling dalam.

“Dengan demikian diharapkan semua ASN dapat memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat, mereka akan bangga dapat memberikan pelayanan sebagai ASN dan bekerja dengan ikhlas dan ketulusan,” ungkapnya.

Evan mengatakan, untuk  Pemerintah Kota Singkawang pihaknya telah melakukan sosialisasi dan diseminasi baik langsung maupun tidak langsung.

“Sosialisasi dan edukasi secara tidak langsung maupun langsung sudah kita lakukan, antara lain dalam mengimplementasikan transformasi digital kita sudah bekerjasama dengan BBPSDMP Kominfo Medan melakukan pembinaan SDM terkait dengan digitalisasi, kita sosialisasikan dan motivasi para ASN melalui banner, twibbonize, dan media sosial,” katanya.

ASN Dinas Kominfo khususnya  berperan penting untuk menggemakan hal-hal baik dan semangat positif di masyarakat. Optimalisasi semua sumber daya yang ada, baik media sosial dan Kelompok Informasi Masyarakat agar bersama-sama dapat menggemakan semua aura Core Values yang sesungguhnya.

Untuk ASN Dinas  Komunikasi dan Informatika  merupakan  aset yang bisa mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada masyarakat dengan cara yang menarik dan mudah diterima.

Ia menjelaskan, melalui mitra binaannya yang diakomodir dsebagai kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang terdiri dari  vlogger,  selebgram, relawan IT dijadikannya sebagai saluran untuk mengubah stigma negatif masyarakat terhadap birokrasi.

“Dengan BerAKHLAK ini semoga kita bisa menjadi orang-orang yang lebih bisa dipercaya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Read Previous

PPTD Mempawah Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat

Read Next

Pemkot Pontianak Serahkan Bantuan Pada 323 Posyandu