• Kamis, 26 November 2020. Jam: 12:00

Masyarakat Timur Kalbar Rindukan PKR

Pewarta : Tantra Nur Andi

Sintang, Kalbar – Jika pemerintah pusat ingin kembali memekarkan Provinsi Papua dengan membentuk DOB Provinsi Papua Selatan, maka masyarakat timur Kalbar juga sangat mendambakan pembentukan DOB Provinsi Kapuas Raya.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Heri Jambri mendesak pemerintah pusat untuk mewujudkan keinginan masyarakat timur Kalbar tersebut.

“Saya harap pemerintah tidak pilih kasih. Tidak hanya Papua saja yang dimekarkan. Kalbar butuh pemekaran. Kami masyarakat timur Kalbar menginginkan segera dibentuk DOB Provinsi Kapuas Raya,” katanya.

Ia menyesalkan selama in Provinsi Kapuas Raya (PKR) yang sudah lama dinantikan masyarakat wilayah timur Kalbar tak kunjung terwujud hingga kini.

Mirisnya, PKR kerap jadi “jualan” politisi ketika pemilu. Saat ini, harapan PKR bakal terwujud tumbuh kembali setelah Gubernur Kalbar memasukannya dalam salah satu prioritas ketika menjabat.

Harapan yang sama disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Florensius Ronny. Ia mengatakan dalam visi misi Gubernur Kalbar terpilih yakni Sutarmidji, sudah sangat jelas bahwa PKR merupakan salah satu fokus yang akan direalisasikan.

Ia yakin pemerintah Provinsi Kalbar masih konsen merealisasikan Provinsi Kapuas Raya. Apalagi, anggaran untuk pembangunan kantor sudah disiapkan.

“Soal keseriusan gubernur, saat orientasi anggota DPRD beberapa waktu lalu Kepala Bappeda Provinsi Kalbar menyampaikan bahwa sudah dialokasikan anggaran untuk pembangunan kantor Gubernur di Sintang,” katanya. Dikatakan dia, peran pemerintah kabupaten adalah menyiapkan tanah. “Saya rasa, untuk DPRD Sintang dan bapak Bupati sudah siap menghibahkan tanah untuk Pemprov tersebut,” bebernya.

Ronny mengakui, hingga saat ini DPRD Sintang belum punya kegiatan khusus untuk mendorong PKR agar cepat terwujud. Karena, saat ini pihaknya masih fokus menyelesaikan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan pembahasan Peraturan Daerah (Perda) yang masuk.

Namun lanjut Ronny, DPRD Sintang selalu menguatkan Pemprov Kalbar untuk mendorong PKR agar bisa cepat terwujud. Ia juga mengaku siap jika diajak menemui Gubernur Kalbar untuk mempertanyakan progres PKR.

“Saya yakin beliau konsen dengan PKR. Yang kita pertanyakan adalah progresnya sudah sejauh mana,” jelasnya.

Florensius Ronny, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang

Komentar

Read Previous

Dewan Dukung Gencarkan Kampung Literasi

Read Next

Anggaran Infrastruktur Harus Besar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *