• Sabtu, 9 Desember 2023. Jam: 21:13

Panitia Waisak Singkawang Gelar Dharmasanti Tri Suci

Singkawang, Kalbar – Panitia Waisak Kota Singkawang tahun 2022 menggelar acara Dharmasanti Tri Suci Waisak 2566 BE di Balairung kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (21/5).

Turut dihadiri, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Forkopimda, perwakilan Kantor Kemenag Singkawang, Kepala OPD dan umat Budha di Kota Singkawang.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, peringatan Tri Suci Waisak diperingati untuk memperkokoh komitmen, menghormati makna hakiki kehidupan, menjalankan praktek-praktek kebenaran untuk meraih keharmonisan serta mengajarkan dharma sebagai pedoman untuk menunaikan tugas dan kewajiban.

Ia menjelaskan,  moderasi beragama menjadi salah satu diantara praktek kebenaran untuk meraih keharmonisan. Moderasi beragama juga sebagai jalan binam memadukan cinta kasih dan kasih sayang serta pemahaman agama lebih terbuka terhadap perkembangan kehidupan.

“Karena dapat menjauhkan sikap ekstrem bahkan pemikiran primordialisme dan intoleransi terhadap perbedaan. Dengan moderasi beragama maka kedamaian bingkai toleransi di Kota Singkawang dapat kita pertahankan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menjalankan dharma, umat buddha mendapatkan kesempatan menata keseimbangan batin, memuliakan keagungan tuhan yang maha welas asih, memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan sebagai umat beragama.

Ia menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada umat buddha yang selama ini telah membantu Pemerintah Kota Simgkawang dalam menjaga kondusifitas di masa pandemi Covid-19 ini dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan telah menerima vaksinasi.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang saya mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak tahun 2022. Semoga cahaya kebahagiaan senantiasa menerangi jalan kita semua. Dan semoga semua mahluk berbahagia. Sadhu, Sadhu, Sadhu. Terima kasih,” tutupnya.

Read Previous

DPW IKM Kalbar Resmi Dilantik

Read Next

Keterbatasan Lahan, YBS Akan Bangun Gedung Krematorium