• Jumat, 12 Juli 2024. Jam: 08:21

Pelepasan Kontigen Raimuna Nasional Oleh Wali Kota

Pontianak, Kalbar – sebanyak 35 orang yang tergabung dalam Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pontianak siap diberangkatkan untuk mengikuti Raimuna Nasional XII di Bumi Perkemahan Pramuka di Cibubur. Raimuna Nasional adalah salah satu kegiatan Pramuka yang digelar lima tahun sekali dan diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pandega.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Edi Rusdi Kamtono berpesan kepada peserta Kontingen Kota Pontianak untuk senantiasa menjaga kesehatan selama mengikuti Raimuna Nasional. Selain itu, para peserta juga diminta mentaati aturan-aturan dan ketentuan yang berlaku selama pelaksanaan Raimuna.

“Kekompakkan juga menjadi kunci keberhasilan kontingen Kota Pontianak selama mengikuti Raimuna Nasional. Oleh sebab itu jaga kekompakkan adik-adik sebagai Kontingen yang membawa nama Kota Pontianak,” ujarnya saat melepas Kontingen Kota Pontianak yang akan mengikuti Raimuna Nasional di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota, Kamis (10/8/2023).

Oleh karenanya, lanjutnya lagi, mulai dari sekarang para peserta sudah mempersiapkan diri, mulai dari kemampuan, keterampilan dan kepanduan kepramukaan yang dimiliki. Pemahaman tentang kearifan lokal Kota Pontianak juga harus dimiliki masing-masing peserta sebagai duta yang mewakili Pontianak, misalnya seni dan budaya yang ada di Kota Pontianak.

“Saya yakin kalau ada kegiatan-kegiatan di sana, seperti kesenian, pertemuan, komunikasi, silaturahmi, adik-adik bisa menunjukkan kebanggaan sebagai warga Kota Pontianak,” kata Edi yang juga menjabat selaku Wali Kota Pontianak.

Menurutnya, rasa kebanggaan dan kepercayaan diri itu dalam Pramuka menjadi sebuah keharusan yang dimiliki oleh anggota Pramuka. Supaya bisa sejajar, sama kedudukan dengan peserta-peserta lainnya. 

“Adik-adik akan merasakan suasana yang berbeda ketika berada di sana dan berbaur dengan peserta dari daerah lainnya,” ungkap dia.

Edi terus memotivasi para peserta yang akan mengikuti Raimuna Nasional ini. Dalam Pramuka tidak mengenal kata putus asa, apalagi frustasi. Melainkan optimis, berusaha sekuat tenaga menyelesaikan masalah dan pencapaian tujuan. 

“Itu adalah bagian dari pembentukan karakter yang ada dalam Pramuka,” ungkapnya.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pontianak Firdaus Zarin menjelaskan, peserta Raimuna Nasional dari Kota Pontianak berjumlah 35 orang, terdiri 16 orang putra dan 16 orang putri serta didampingi 3 pimpinan kontingen. Peserta dari Raimuna Nasional ini adalah Penegak dan Pandega. 

“Jadi mereka ini umumnya berasal dari SMA dan perguruan tinggi,” tuturnya.

Firdaus menambahkan, kegiatan Raimuna Nasional ini disebut pestanya Penegak dan Pandega seluruh Indonesia. Untuk se-Kalbar jumlah peserta lebih dari 300 peserta. Kegiatan ini akan digelar mulai tanggal 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur. 

“Mereka akan berangkat pada 12 Agustus 2023. Pada hari ini kontingen Kota Pontianak akan dilepas oleh Kak Kamabicab atau Wali Kota Pontianak,” pungkasnya. (prokopim)

Read Previous

Bupati mempawah Terima Penghargaan Tribun Awards

Read Next

Wali Kota Dukung Kongres HMI XXXII Nasional