• Senin, 17 Juni 2024. Jam: 07:01

Pemda Sekadau Gelar Diklat Pembuatan Aneka Olahan Ikan

Sekadau, Kalbar – Pemerintah Kabupaten Sekadau bekerjasama  dengan Balai Diklat Industri Makassar menggelar Acara  Diklat Pembuatan Aneka Olahan Ikan Angkatan V (Lima) di Kabupaten Sekadau yang dilaksanakan di Aula Sekadau UMKM Center Kabupaten Sekadau, Senin (14/2).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sekadau Aron didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sandae, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan ST Emanuel serta Kepala Balai Diklat Industri Makassar Muhammad Arifuddin.

Pada kesempatan tersebut, Aron mengatakan, bahwa Kabupaten Sekadau merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang cukup potensial akan sumber daya yaitu dibidang perikanan. Menurutnya, ikan merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, mengandung Omega 3 yang berperan dalam meningkatkan kecerdasan dan memiliki kandungan  lemak tak jenuh dan zat-zat yang berperan dalam melindungi jantung serta manfaat baik lainnya.

“Dengan teknik pengolahan yang tepat diharapkan dapat meningkatkan minat para konsumen untuk membeli serta menikmati produk yang sudah diolah melalui diklat pembuatan olahan ikan ini. Selain itu, diselenggarakannya diklat olahan ikan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para peserta, serta diharapkan juga kepada para peserta bisa mengikutinya dari awal hingga selesai sehingga materi yang disampaikan mampu diserap dengan baik,” ucapnya.

Selanjutnya, Aron menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau, mengucapkan terima kasih kepada Balai Diklat Makassar yang telah menyelenggarakan diklat pembuatan olahan ikan di Kabupaten Sekadau pada tahun anggaran 2022.

“Sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan SDM para peserta yang ada, terutama kepada para peserta pengolahan ikan. Selain itu, dengan diadakannya diklat olahan ikan ini juga diharapkan nantinya para peserta mampu menciptakan lapangan pekerjaan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain yang membutuhkannya,” tutup Aron.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sekadau, Kepala Dinas Kominfo, Ketua Gabungan Organisasi Wanita, Ketua Dharma Wanita Persatuan serta kepala Bagian Prokopim Setda Kabupaten Sekadau.

Read Previous

TOT Praktik Perkebunan Kelapa Sawit Sukses dilaksanakan

Read Next

KPU Singkawang Permudah Cek Data Lewat Website