• Sabtu, 25 September 2021. Jam: 07:00

Sintang Gelar MTQ Ke – XXIX

Sintang, Kalbar – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – XXIX Kabupaten Sintang tahun 2021, resmi digelar. MTQ yang mengusung tema, ‘Pengembangan Dakwah yang Bersumber dari Nilai-Nilai Al Qur’an di Masa Pandemi Untuk Sintang yang Sehat dan Religius’ dibuka oleh Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto, Jumat (23/7).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto menyampaikan dukungan penuh atas terselenggaranya MTQ tingkat Kabupaten Sintang yang ke – XXIX.

“Pada semua peserta MTQ dari seluruh kecamatan, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat mengikuti MTQ ini. Semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat untuk bangsa dan negara,”ucap Sudiyanto
Dikatakan Sudiyanto, melihat tema yang diangkat pada pelaksanaan MTQ, yakni pengembangan dakwah yang bersumber dari nlai- nilai Al Qur’an di masa pandemi untuk Sintang yang sehat dan religius’, makna dari tema tersebut merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Qur’an dan mengembangkan dakwah Islam yang bersumber dari nilai-nilai Al-Qur’an dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Terlebih, lanjut dia, bagi kaum muslimin, Al Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. Al Qur’an mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan serta kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al Qur’an.
“Saya yakin, dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah. Tapi juga akan memperkokoh semangat kebangsaan, semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke – XXIX Kabupaten Sintang tahun 2021, Anang Nurkholis mengatakan, kegiatan MTQ dilaksanakan dari 23 – 27 Juli. Diikuti oleh 232 orang peserta, dengan cabang lomba Tilawah Qur’an, Hifdzil Qur’an, Fahmil Qur’an dan syahril Qur’an.

“Tempat pelaksanaan lomba yakni Masjid Agung An Nur Sintang, Masjid Al Amin Sintang, Gedung Pancasila Sintang, STAIMA Sintang dan Aula Gedung MTs N 1 Sintang,” tambah Anang.
Dikatakan Anang, setiap pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan dari masing-masing kategori lomba.

Read Previous

Pengurus BWI Sintang Dilantik

Read Next

Kemarau Tiba, Waspada Karhutla