• Rabu, 21 Februari 2024. Jam: 06:06

Pemerintah KKU Berikan Bantuan Bencana Hidrometeorologi

Kayong Utara, Kalbar – Pemerintah KKU Berikan Bantuan ke Warga Terdampak Bencana Hidrometeorologi.

Sekitar pukul 14:45 waktu Indonesia Barat (WIB), Kabupaten Kayong Utara (KKU) diguncang cuaca ekstrem bencana Hidrometeorologi. Berupa hujan deras disertai angin kencang di sekitar Pantai Pulau Datok hingga Pasar Rakyat Sukadana. Jumat, (19/1).

Dampak kejadian ini sangat signifikan, delapan rumah warga rusak parah hingga ringan. Pohon-pohon Akasia bertumbangan, menghantam jalan akses masyarakat. Pasar rakyat serta warung di tepi Pantai Pulau Datuk dihantai angin kencang disertai hujan deras. Tenda tenda Pedagang di Pasar Rakyat Sukadana Jl Batudaya II mengalami rusak terdapat 18 tenda, lima di antaranya mengalami rusak berat.

Pemerintah KKU, melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KKU, bekerja keras membersihkan pohon-pohon tumbang hingga sampah berserakan di lokasi kejadian.  Supaya lalulintas kendaraan di jalan utama masyarakat segera kembali normal. Termasuk memotong pohon-pohon yang menghantam kabel listrik PLN. Pemulihan infrastruktur yang rusak jadi fokus utama.

Bencana hidrologi ini, juga mengantam kawasan Pasar Rakyat di jalan Batu Daya II Sukadana. Personil Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kumindag) KKU juga turun ke lapangan. Membantu mendirikan kembali tenda-tenda warga yang roboh di Pasar Rakyat Sukadana. Termasuk mengamankan barang dagangan pedagang, dan memperkuat tenda dengan menambahkan tali pengikat.

Pemerintah KKU, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APM) KKU, juga menyediakan bantuan darurat ke warga yang membutuhkan. Seperti selimut, makanan siap saji, matras, terpal, pekakas dapur, dan kebutuhan lainnya.

Perkiraan kerugian imbas dari bencana Hidrometeorologi ini, masih masih dalam proses perhitungan. Pihak berwenang, terus memantau dan menyelidiki dampak lebih lanjut dari peristiwa ini. Pemerintah memastikan bahwa langkah-langkah lebih lanjut, diambil sesuai dengan perkembangan situasi dan kebutuhan mendesak masyarakat.

“Pemerintah KKU mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari TRC BPBD KKU. Solidaritas dari semua pihak, diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan pasca cuaca ekstrim ini,” pesan Romi Wijaya, Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara di ruang kerjanya.

Pj Bupati Romi Wijaya memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Tim Reaksi Cepat Pemerintah KKU dan semua pihak, khususnya dalam penanganan pemulihan infrastruktur dasar masyarakat. Tim Reaksi Cepat Pemerintah KKU serta semua pihak, telah bekerja keras dalam pemulihan paska bencana Hidrometeorologi.

“Seperti telah membersihkan pohon-pohon tumbang, memulihkan infrastruktur rusak, membantu pedagang, dan membantu warga yang terdampak. Solidaritas dan kerjasama dari kita semua, sangat diperlukan dalam mengatasi situasi ini. Kayong Utara milik kita bersama,” ungkap Romi Wijaya. (Prokopim Setda KKU)

Read Previous

Utusan KKU dan KKR Hadiri Rapat Tim PBD Pemprov Kalbar

Read Next

Bupati Kapuas Hulu Buka Open Turnamen Olahraga di Desa Mubung