• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 07:55

Pemkab Kayong Utara Lakukan Kunker Ke Desa Podokurun 

Kayong Utara, Kalbar  – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara bersama Kelompok Tani Kopi Cahaya Kayong Seponti , Desa Podorukun menerima Kunjungan Kerja Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa beserta jajaran dalam rangka meningkatkan pemahaman Kepala Desa dan Petani Perkebunan khususnya petani kopi Kabupaten Landak, Jumat (22/4).

Bupati Karolin menyampaikan, apresiasinya dalam pengolahan dan pemasaran kopi liberika di Kabupaten Kayong Utara.

“Salah satu usaha budidaya dan pengolahan kopi yang sudah berhasil di wilayah Kalimantan Barat berasal dari Kabupaten Kayong Utara,” ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan kunjungan ini dapat memberikan pengetahuan teknis budidaya pasca panen kopi yang baik, meningkatkan kapasitas kelembagaan usaha budidaya kopi serta memperluas wawasan pelaku usaha maupun pengolahan dan pemasaran kopi.

“Masyarakat Kabupaten Landak selama ini, secara teknis perawatan dan pengolahan pasca panen biji kopi masih dilaksanakan secara sederhana dan manual. Diperlukan peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi usaha budidaya kopi di Kabupaten Landak,” ungkapnya.

Camat Seponti Jaya, Sapwan Noor menyambut baik kedatangan Bupati Kabupaten Landak beserta jajarannya.

“Terima kasih kepada Bupati Landak, ibu Karolin dan jajaran yang berkunjung ke Kayong Utara untuk melihat langsung produksi kopi liberika yang menjadi salah satu komoditas unggulan di Desa Podorukun. Semoga dengan silahturahmi ini, kedua Kabupaten bisa berbagi pengetahuan terkait pengembangan sektor perkebunan,” ucapnya.

Pendamping Kelompok Tani Kopi Cahaya Kayong Seponti, Gusti Iwan Darmawan menjelaskan, pendampingan pengolahan dan pemasaran komoditas kopi liberika maupun robusta tidak hanya akan dilakukan Desa Podorukun, melainkan dibeberapa daerah, hal ini dilakukan untuk mengangkat varietas kopi lokal di Kalimantan Barat.

“Kopi liberika ini memiliki kesesuaian lahan yang bagus, budidaya kopi di Desa Podorukun sekitar 81 hektar lebih dengan produksi 1 ton per hektar. Dalam membangun pengolahan dan pemasaran kopi yang baik, jangan pernah menyerah, selalu berbuat untuk masyarakat. Untuk silahturahmi ini, saya mengajak Bupati Landak dan jajaran untuk melakukan pemetaan kopi robusta yang ada di Kabupaten Landak,” tutupnya.


Dalam kegiatan tersebut, secara simbolis Bupati Karolin menyerahkan Cindra Mata Kepada Camat Seponti Jaya, Pj. Kepala Desa Podorukun, Perwakilan Kelompok Tani Kopi Cahaya Kayong Seponti dan Pendamping Kelompok Tani Kopi Seponti Jaya.

Read Previous

55 Pejabat Fungsional Pemprov Kalbar Dilantik

Read Next

Bupati Sanggau Imbau Pemudik Harus Sudah Vaksin