• Senin, 21 Juni 2021. Jam: 18:58

Pemkab Komitmen Bantu Pengrajin Tenun

Sintang, Kalbar – Pjs Bupati Sintang, Florensius Anum menyatakan, Pemkab Sintang berkomitmen membantu para pengrajin untuk mengembangkan tenun ikatnya.
“Saya minta pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang untuk terus membantu para pengrajin tenun melalui pembinaan. Kemudian difasilitasi, kuatkan kelembagaannya, berikan inovasi-inovasi yang kreatif serta dukung melalui pengembangan finansial pada kelompok-kelompok masyarakat pengrajin tenun,” harapnya.
Ia mengatakan, tujuan dari festival tenun ikat ialah menjalankan program pemerintah daerah. “Selain kami membantu promosi kain tenun para pengrajin, kami juga menjalankan program pemerintah daerah untuk pelestarian budaya melalui tenun ikat,” katanya.

Hendrika optimis pelaksanaan Festival Tenun Ikat bisa dilakukan setahun sekali. “Saya senang sekali telah mendapat dukungan dari Pjs Bupati untuk melaksanakan kegiatan ini setahun sekali. Kita siap, karena selama ini yang menjadi kendala ialah masalah pendanaan. Jadi nanti kita harapkan bisa melaksanakan secara mandiri dengan dibantu dari pihak ketiga. Semua ini agar tenun ikat khas Sintang bisa menjadi terkenal,” ucapnya.

Komentar

Read Previous

Sintang Gelar Festival Tenun Ikat

Read Next

Pjs Minta Masyarakat Ketungau Sukseskan Pilkada