• Selasa, 17 Mei 2022. Jam: 08:16

Pemkab Sintang Siapkan Penerimaan Mahasiswa STTD Tahun 2022

Sintang, Kalbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat, memimpin rapat persiapan penerimaan mahasiswa Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi Jawa Barat jalur beasiswa Pemerintah Kabupaten Sintang, Rabu, (16/3) di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang.

Hadir pada rapat persiapan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Florensius Kaha, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Witarso, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Iwan Setiadi dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Syarief Yasser Arafat menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sintang akan mulai membuka pendaftaran penerimaan Mahasiswa Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi Jawa Barat pada 9 April 2022. Untuk itu, perlu melakukan persiapan-persiapan yang baik supaya proses penerimaan berjalan lancar.

“Tahun 2022 merupakan tahun kelima atau tahun terakhir kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan pihak Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi Jawa Barat, untuk memenuhi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Perhubungan  Kabupaten Sintang. Sehingga kita perlu  memperpanjang kerjasama dengan STTD dalam rangka memenuhi kebutuhan ASN pada Dinas Perhubungan,” ungkapnya.

Syarief Yasser juga berharap, agar adanya kerjasama yang baik semua OPD yang terlibat baik untuk persiapan penerimaan mahasiswa STTD maupun rencana memperpanjangan waktu kerjasama dengan pihak STTD.

Kadis Perhubungan, Florensius Kaha menjelaskan, bahwa setiap tahun kita mengirim 4 orang Sintang untuk belajar di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi Jawa Barat.

“Pernah terjadi, karena kuota di Aceh kurang, maka satu orang Sintang diterima di STTD mewakili Aceh, dan nanti dia akan menjadi PNS di Aceh. Artinya saat itu ada 5 orang Sintang yang belajar di STTD. Kita juga mendapatkan satu ASN dari Lombok yang memang mengambil studi tentang sungai. Kita akan melanjutkan kerjasama dengan STTD di Bali yang memang belajar khusus tentang kir kendaraan. Karena kita masih kurang tenaga dalam uji kir kendaraan. kami sudah komunikasi dengan STTD di Bali soal rencana kerjasama ini. Penerimaan mulai 2023 nanti,” jelasnya.

Kabag Kesra, Ulidal Muchtar menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan seluruh administrasi penerimaan mahasiswa STTD yang akan dimulai 9 April 2022.

“Kami sudah siapkan SK Tim dan administrasi yang lain. Mohon bantuan dan kerjasama dari seluruh OPD yang terlibat dan secara teknis memahami seperti Dinas Perhubungan,” ucapnya.

Rizal Novendry, LLAJ Kepala Bidang Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan mengatakan, berdasarkan analisis jabatan yang sudah disusun, maka Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang memerlukan 27 lulusan STTD sebagai pegawai baru.

“Sampai sekarang sudah ada 19 orang untuk penerimaan tahun 2022 ini, kami akan bantu peserta dalam hal mendaftar dan mengikuti tes secara online. Kami akan bekali peserta dengan tes masuk menggunakan CAT dan Samapta. Kita juga perlu lulusan STTD yang secara khusus menangani sungai. Daerah kita ini banyak sungai sehingga perlu lulusan yang khusus sungai,” pungkasnya.

Read Previous

Bahasan Harap Peserta Bimtek Dapat Pahami SPIP

Read Next

Disdukcapil Sambas Jadi Tuan Rumah  Pelaksanaan Rakor PIAK