• Sabtu, 13 Juli 2024. Jam: 15:14

Pj Wako Sampaikan Nota Pengantar KUA PPAS

Singkawang, Kalbar – DPRD Kota Singkawang menggelar Rapat Paripurna penyampaian Nota Pengantar Wali Kota tentang Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2024 di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (7/8/2023).

Pj Wali Kota Singkawang Sumastro menyampaikan terdapat 6 program prioritas pembangunan Kota Singkawang untuk tahun 2024, antara lain Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan berkarakter, Peningkatan pembangunan infrastruktur, penataan ruang pengembangan wilayah dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, Peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang harmonis, kondusif, toleran dan berbudaya.

“Selanjutnya, Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan bertumpu pada percepatan sektor strategis melalui penguatan daya saing, Peningkatan tata Kelola pemerintahan yang baik melalui penguatan fungsi pelayanan publik yang berbasis inovasi dan teknologi informasi, dan Berpartisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilu Tahun 2024.” ujarnya.

Ia mengatakan tema pembangunan Kota Singkawang tahun 2024 adalah ‘Percepatan Pembangunan Infrastruktur Yang Berkontribusi Pada Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Ekonomi serta Suksesnya Pemilu 2024’.

“Tahun 2024 merupakan tahun kedua dari RPD Kota Singkawang Tahun 2023-2026, Tema yang diangkat ini diharapkan sejalan dengan tema kebijakan fiskal nasional yaitu mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.” jelasnya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah semakin menunjukkan trend positif paska pandemi Covid-19, hal ini tentunya akan membawa dampak yang positif juga bagi pertumbuhan ekonomi khususnya di Kota Singkawang.

“Kita menaruh harapan dan berkeyakinan bahwa tahun depan kapasitas fiskal kita akan lebih baik dari tahun 2023 ini. Untuk itu marilah kita bersama menunjukkan konsistensi kinerja yang baik dalam penyelengaraan pemerintahan agar potensi fiskal daerah dapat digali secara optimal dan perhatian pemerintah pusat untuk TKDD ke Kota Singkawang Tahun 2024 kita berharap akan mendapatkan margin yang positif juga.” harapnya.

Lebih lanjut, kesepakatan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2024 akan menjadi dasar formulasi Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024 yang diharapkan dapat menghasilkan Kebijakan Penganggaran yang transparan, wajar, akuntabel dan tepat waktu serta dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang.

Read Previous

Kades Menepati Janjinya Dalam Pembangunan Jalan

Read Next

Wako Memperkirakan Pembangunan Jembatan Mencapai 73%