• Jumat, 12 April 2024. Jam: 14:33

PRIORITAS PEMBANGUNAN Singkawang MULAI

Singkawang, Kalbar – Prioritas pembangunan di Kota Singkawang Tahun 2025, yaitu berada pada sektor pendidikan, kesehatan, perekonomian dan infrastruktur dasar. Prioritas progam ini dibahas dalam Musrenbang RKPD Kota Singkawang Tahun  2025 di Hotel Swissbellin, Jumat (22/3).

“Hal ini mengingat permasalahan di Kota Singkawang diantaranya tingkat pendidikan masih rendah, akses terhadap pelayanan kesehatan belum merata, daya saing SDM yang rendah, masih adanya kesenjangan pendapatan masyarakat, tingkat pengangguran terbuka masih tinggi, rendahnya sektor manufaktur, kualitas infrastruktur dasar yang belum merata, belum optimalnya kinerja pelayanan publik, serta kurangnya mitigasi bencana, dan kualitas lingkungan hidup yang masih rendah,” kata Pj Wali kota Singkawang, Sumastro.

Ia mengatakan indikator capaian kinerja makro Pembangunan Kota Singkawang Tahun 2023. Dimana untuk tingkat kemiskinan sebesar 4,70% atau sedikit meningkat dari tahun 2022, sedangkan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan menjadi 74,13 dari tahun sebelumnya.

“Pada tahun 2022 menjadi titik balik pertumbuhan ekonomi Singkawang pasca pandemi yakni 5,05%, selain itu untuk tingkat pengangguran Terbuka 2023 mengalami penurunan dari tahun 2022 di 8,51% atau tertinggi kedua setelah Pontianak,” ungkapnya.

Bedasarkan hal tersebut, Pemerintah Kota Singkawang telah merumuskan sasaran pokok yang juga dituangkan dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah. Antara lain adalah, meningkatnya SDM yang berkualitas dan berdaya saing, pengembangan pariwisata yang atraktif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, penataan kota yang berkualitas, maju dan merata, penguatan tata kelola pemerintahan dan pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan hidup.

“Untuk itu, saya harapkan perumusan RKPD dan RPJPD ini tentunya mampu mewakili semangat bersama dalam mencapai cita-cita seluruh masyarakat Kota Singkawang dalam mewujudkan Singkawang cemerlang 2045,” ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Hasil Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025 oleh Pj. Wali Kota Singkawang bersama Perangkat Daerah terkait yang disaksikan oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar.

Bid. IKP

Read Previous

Pj Sekda Kalbar Buka Musrenbang Perencanaan Program Prioritas Pembangunan Daerah

Read Next

KABIDLUH DISTPH KALBAR LAKSANAKAN KOORDINASI DI BPP BENGKAYANG