• Senin, 15 April 2024. Jam: 09:38

Puskesmas Dan Klinik Akreditasi, Pemkot Singkawang Berikan Apresiasi

Singkawang, Kalbar – Hasil akreditasi yang membanggakan didapat oleh sejumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kota Singkawang. Sebanyak 9 Puskesmas dan 12 Klinik Kesehatan telah memperoleh hasil penilaian akreditasi dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia dengan sebagian besarnya akreditasi dengan status Paripurna.

Atas kerja keras ini, apresiasi turut diberikan Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kesehatan dan KB dengan menggelar malam Penghargaan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi di Basement Kantor Walikota, Jumat (16/02).

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan akreditasi terhadap Fasilitas Kesehatan merupakan suatu kewajiban dan menjadi pendekatan yang harus dilaksanakan dengan serius.

“Pertemuan ini sebagai bagian dari semangat bersama untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.”  ucapnya.

Sumastro menyebut, dari hasil yang telah didapatkan tersebut membuktikan bahwa seluruh jajaran di sektor kesehatan memiliki spirit untuk berkompetisi dalam memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

“Spirit untuk berkompetisi menjadi yang terbaik merupakan bagian dari etos kerja setiap fasilitas kesehatan. Di samping itu pula, kini Pemerintah Kota Singkawang juga tengah berupaya meyakinkan Pemerintah Pusat untuk mendukung RSUD dr. Abdul Aziz sebagai bagian dari Medical Tourism.” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang, Eko Susanto mengatakan akreditasi merupakan suatu kewajiban bagi Fasilitas Kesehatan dalam menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan, serta menjamin penerapan standar prosedur pelayanan yang baik di setiap fasilitas kesehatan maupun klinik.

Selain itu, akreditasi ini juga menjadi syarat sebuah Fasilitas Kesehatan atau Klinik untuk bisa bekerja sama dengan lembaga asuransi kesehatan.

“Malam ini merupakan malam apresiasi akreditasi puskesmas dan klinik se Kota Singkawang, sekaligus syukuran terhadap hasil penilaian akreditasi yang sangat membanggakan ini. Selain peningkatan mutu pelayanan, akreditasi ini juga menjadi syarat sebuah Faskes untuk bekerja sama dengan BPJS.” jelasnya.

Eko Susanto menyebutkan, dari 10 Puskesmas yang ada di Kota Singkawang, sebanyak 8 Puskesmas memperoleh akreditasi Paripurna, 1 Puskesmas memperoleh akreditasi Utama dan 1 Puskesmas lainnya sedang dalam proses pengajuan akreditasi.

Sedangkan untuk 12 klinik yang memperoleh akreditasi, 8 klinik dengan akreditasi Paripurna, 2 klinik akreditasi Utama dan 2 klinik lainnya akreditasi Madya.

“Jadi memang luar biasa dan alhamdulillah ada yang mencapai Paripurna. Bahkan klinik ICM dan Aqilla beberapa waktu kemarin juga telah melakukan uji petik dari Kemenkes RI.” lanjutnya.

Adapun 9 Puskesmas Kota Singkawang yang memperoleh Akreditasi antara lain:

  1. Puskesmas Singkawang Tengah I (Paripurna)
  2. Puskesmas Singkawang Tengah II (Paripurna)
  3. Puskesmas Singkawang Selatan I (Paripurna)
  4. Puskesmas Singkawang Selatan II (Paripurna)
  5. Puskesmas Singkawang Utara I (Paripurna)
  6. Puskesmas Singkawang Utara II (Paripurna)
  7. Puskesmas Singkawang Timur I (Paripurna)
  8. Puskesmas Singkawang Barat I (Paripurna)
  9. Puskesmas Singkawang Barat II (Utama)

Sedangkan untuk Akreditasi untuk Klinik Kota Singkawang adalah sebagai berikut :

  1. Klinik Insan Citra Madani (Paripurna)
  2. Klinik Aqilla (Paripurna)
  3. Klinik Mata Singkawang Eye Center (Paripurna)
  4. Klinik Mitra Medika (Paripurna)
  5. Klinik Aisyiyah (Paripurna)
  6. Klinik Amira (Paripurna)
  7. Klinik Cassandra (Paripurna)
  8. Klinik Bersama (Paripurna)
  9. Klinik Anugerah (Utama)
  10. Klinik Mata Yos Sudarso (Utama)
  11. Klinik Polres Singkawang (Madya)
  12. Klinik Poskes Singkawang (Madya)

Read Previous

Cegah PTM, Nakes Puskesmas Suhaid Deteksi Dini Warga Dusun Kenelang

Read Next

Libur Imlek, Volume Sampah Di Singkawang Capai 100 Ton/Meter Kubik