• Minggu, 3 Desember 2023. Jam: 10:22

Sekda Buka LCC 4 Pilar Kebangsaan Kalbar

Singkawang, Kalbar  – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan Se- Kalimantan Barat, Selasa (18/10) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota singkawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajaran, Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang, Ketua PGRI, Bapak/Ibu Guru Pendamping serta para siswa peserta lomba.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Sumastro. Dalam sambutannya Sekda mengatakan lomba ini merupakan hal yang patut kita maknakan sebagai bagian dari upaya menuju Singkawang dan Kalimantan Barat yang lebih hebat lagi. Serta sekaligus semakin mewarnai Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang yang ke 21 dengan sebuah pendekatan yang sangat cerdas.

Ia mengatakan, dengan adanya lomba ini menjadi bukti nyata Kota Singkawang ingin berkolaborasi dan bersinergi dengan Kabupaten/Kota lain dalam hal memajukan dunia pendidikan sesuai dengan tema HUT Pemkot Singkawang yang ke 21 Singkawang Bersinergi.

“Saya kira lomba ini patut untuk kita maknakan bersama sebagai bagian dari upaya menuju Singkawang dan Kalimantan Barat yang lebih hebat lagi. Serta menjadi bukti nyata Kota Singkawang ingin berkolaborasi dan bersinergi dengan Kabupaten/Kota lain dalam hal memajukan dunia pendidikan sesuai dengan tema HUT Pemkot Singkawang yang ke 21 Singkawang Bersinergi,” ujarnya.

Dia menambahkan, kepada para siswa peserta LCC untuk menjadikan ini bukan hanya sekedar lomba namun juga terkait substansi empat pilar kebangsaan agar dapat dihayati, diamalkan dan menjadi bagian dari pembentukan karakter dan pribadi yang bertumbuh menjadi generasi penerus bangsa khususnya daerah Kalimantan barat yang selalu berpegang teguh pada empat pilar tersebut dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sedikit akan saya singgung mengenai substansi 4 pilar kebangsaan yang diperlombakan ini, yang harus betul-betul dihayati oleh semua peserta lomba agar menjadi bagian dari pembentukan karakter dan pribadi yang bertumbuh menjadi generasi penerus selanjutnya,” tegasnya.

Ia pun berpesan, agar para peserta dapat berlomba dengan bersungguh – sungguh dan menjadikan juara sebagai target utama agar para peserta semua dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Saya ingin berpesan selamat bertanding, nikmati lombanya, dan jadikan juara sebagai target agar kalian semua dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Namun apabila tidak juara jangan berkecil hati, jadikan ini sebagai pengalaman berharga yang dapat dikenang sampai kapanpun,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asmadi menjelaskan tujuan dari kegiatan LCC ini adalah untuk memupuk dan menumbuhkan rasa nasionalisme kepada para siswa serta memperluas wawasan dalam mendalami nilai-nilai dari 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Ia juga menyampaikan kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 18 – 19 Oktober 2022 dan diikuti oleh empat Kabupaten / Kota diantaranya Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Bengkayang dan Mempawah.

“Kegiatan LCC dijadwalkan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 18 – 19 Oktober 2022. Dan diikuti oleh 4 Kabupaten/Kota. Ada perwakilan sekolah dari Tebas, Ledo, Sungai Raya Kepulauan, Sungai Pinyuh juga ada. Dengan hadiah lomba kepada setiap tingkatan pendidikan untuk juara 1 mendapatkan uang 10 juta, 8 juta untuk juara 2 dan 6 juta untuk juara 3,” jelasnya.

Lebih lanjut, Asmadi menjelaskan teknis lomba diselenggarakan dalam bentuk kuis secara digital dengan sistem jawaban benar dan tercepat akan mendapatkan poin maksimal.

“Perlu untuk diketahui bersama, teknis dari lomba ini diselenggarakan dalam bentuk kuis secara digital, dimana bagi yang menjawab benar dan cepat akan mendapatkan poin maksimal begitu juga sebaliknya. Yang mana kuis ini juga sebagai bentuk impelementasi ke arah Smart ASN,” tuturnya.

Ia berharap kegiatan LCC ini berjalan dengan lancar dan memperoleh manfaat bukan hanya bagi para peserta lomba tetapi juga seluruh masyarakat serta sebagai bentuk komitmen Kota Singkawang sebagai Kota ter Toleran untuk melestarikan nilai nilai 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semoga kegiatan LCC ini berjalan dengan lancar dan memperoleh manfaat bukan hanya bagi para peserta lomba tetapi juga seluruh masyarakat serta sebagai bentuk komitmen Kota Singkawang,” harapnya.

Read Previous

Bupati Optimis Stunting di Kubu Raya Dapat Kembali Turun

Read Next

Gedung DPMPTSP Kapuas Hulu Diresmikan