• Selasa, 16 Juli 2024. Jam: 20:24

Singkawang Kembali Raih Predikat Kota Tertoleran Se-Indonesia Tahun 2023

Singkawang, Kalbar – Kota Singkawang kembali meraih predikat Kota Tertoleran peringkat pertama di Indonesia Tahun 2023 dengan skor 6,500.

Hal ini berdasarkan penilaian dari SETARA Institute yang merilis laporan Indeks Kota Tertoleran (IKT) Tahun 2023. Predikat sebagai kota tertoleran pertama diraih Kota Singkawang selama tiga kali berturut-turut dari tahun 2021-2023 ini diterima langsung Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro di Jakarta, Selasa (30/01).

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan predikat kota tertoleran yang diraih untuk keempat kalinya itu dipersembahkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Singkawang yang telah mampu menjaga nilai-nilai persaudaraan, sehingga kita mampu membuktikan sebagai kota toleran dan menjadi contoh bagi kehidupan sesama warga yang ada di rumah besar Kota Singkawang dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika.

“Terima kasih kami persembahkan kepada seluruh elemen masyarakat, stakeholder yang selama ini telah berkontribusi secara nyata dalam mewujudkan rasa persaudaraan, harmoni dan nilai-nilai kedamaian di Kota Singkawang. Ini adalah kerja kolektif kita bersama yang mengangkat nama Singkawang scara nyata dan memberikan efek pada kesejahteraan dan kemakmuran bagi kita semua,” ujarnya.

“Terima kasih pula kepada SETARA Institute yang telah memberikan penilaian dan masih mempercayakan kepada kami Kota Singkawang yang terbaik dalam toleransi di Indonesia ini,” katanya.

Selain mendapatkan predikat Kota Tertoleran, Kota Singkawang juga mendapatkan predikat sebagai Kota Model Dalam Tata Kelola Kebhinekaan serta Praktik dan Promosi Toleransi.

Adapun 10 kota paling toleran di Indonesia versi SETARA Institute antara lain:

  1. Kota Singkawang, skor : 6,500
  2. Kota Bekasi, skor : 6,460
  3. Kota Salatiga, skor : 6,450
  4. Kota Manado, skor : 6,400
  5. Kota Semarang, skor :6,230
  6. Kota Magelang, :6,220
  7. Kota Kediri, : 6,073
  8. Kota Sukabumi, skor : 5,997
  9. Kota Kupang, skor : 5,953
  10. Kota Surakarta, skor : 5,800

Read Previous

Beduai, Bupati Sanggau Minta Kerja Tepat, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas Dan Kerja Berkualitas Dalam Perencanaan Pembangunan

Read Next

Pj Sekda Buka Musrenbang Rkpd Kecamatan Singkawang Selatan