• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 14:48

Sintang Kurang SDM Pertanian

Sintang, Kalbar – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mendukung penuh upaya Pemerintah Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat yang berusaha mencetak tenaga-tenaga terampil, khususnya di bidang pertanian. Menurutnya, hal ini sangat penting dilakukan untuk menyukseskan program pertanian berkelanjutan.

“Peningkatan sumber daya manusia atau SDM, khususnya di bidang pertanian sangat penting untuk diwujudkan. Dimana, pertanian merupakan sektor yang mampu bertahan dalam kondisi apapun, sehingga sudah sepatutnya hal ini mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk lembaga legislative,” kata Jeffray, Selasa (7/6).

“Tentunya ini kita dukung upaya pemerintah, sehingga ke depannya lahir sumber daya manusia atau SDM yang mumpuni, handal, dan berdaya saing, khususnya di bidang pertanian,” ungkap Jeffray Edward ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang.

Jeffray Edward berpendapat bahwa peningkatan sunber daya manusia atau SDM yang siap kerja dan mengabdi di masyarakat, termasuk memasuki pasar kerja bidang pertanian di daerah ini perlu terus ditingkatkan, sehingga diharapkan mampu memberikan dukungan terhadap pelaksanaan pembangunan pertanian dalam arti luas,” ujar Jeffray Edward berharap.

Olehkarenanya, Jeffray Edward menyarankan kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar Kabupaten Sintang terus memiliki visi mencetak sumber daya manusia atau SDM bidang pertanian yang profesional, berjiwa enterpreneurship dan mandiri serta berwawasan global.

“Kita ketahui bersama bahwa Sintang sedang giat-giatnya membangun sektor pertanian. Untuk itu, pemerintah daerah harus menyiapkan sumber daya manusia atau SDM yang handal sejak dini, agar pembangunan pertanian dapat terus berjalan lancar,” ulas Jeffray Edward.

Tidak hanya itu, Jeffray Edward juga mendorong siswa lulusan sekolah menengah kejuruan untuk dipersiapkan menjadi tenaga penyuluh dan terampil di bidang pertanian, tenaga siap pakai untuk sektor perkebunan nasional dan daerah serta keilmuan yang dapat digunakan sebagai wirausahawan muda.

“Diharapkan lulusan SMA dan SMK memiliki tiga kompetensi yaitu kompetensi pengetahuan dan keilmuan, kompetensi keterampilan melalui pengetahuan tentang teknologi pertanian,” kata Jeffray Edward.

Selain itu, Jeffray Edward mendorong sekolah bidang pertanian menerapkan sistem pendidikan dengan disiplin tinggi, sehingga setiap kelulusan tiap tahunnya mampu bersaing. Masyarakat juga diharapkan dapat menangkap peluang yang ada, khususnya peluang dalam pengembangan sektor pertanian dalam arti luas.

“Diharapkan para lulusan SMA dan SMK, selain memiliki kompetensi, juga siap bekerja disektor pertanian yang peluangnya sudah sangat terbuka besar di kabupaten ini,” pungkas Jeffray Edward, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian tersebut.

Read Previous

Santosa Minta Kades Ipoh Emang Bayar Siltap Perangkatnya

Read Next

Upaya Penguatan  sinergitas, Pemkab dan Imigrasi Gelar Rapat Timpora