• Senin, 21 Juni 2021. Jam: 22:23

Sintang Siap Siaga Bencana Batingsor

Sintang, Kalbar – Mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Sintang, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam banjir, outing beliung dan tanah longsor (Batingsor).

Apel tersebut dipimpin langsung Penjabat Sementara Bupati Sintang, Florentinus Anum, pada Rabu, (11/11) bertempat di halaman depan Kantor Bupati Sintang.

Dalam amanatnya, Penjabat Sementara Bupati Sintang, Florentinus Anum mengatakan, Kabupaten Sintang merupakan daerah sangat rentan akan terjadinya bencana alam. “Khususnya bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor (Batingsor). Contohnya saja kondisi Sintang dalam beberapa tahun terakhir sering terjadi bencana alam banjir bandang musiman,” kata Anum.

Anum menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi tentang kewaspadaaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam Batingsor. “Kita berikan pemahaman dan perlindungan pada masyarakat dari ancaman bencana, dan menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi serta menyeluruh,” ucap Anum.

Menurut Anum, Pemerintah dan masyarakat harus saling bersinergi dalam penanggulangan dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam. “Kesiapsiagaan antara Pemerintah dan Masyarakat saling berkaitan dan sangat penting, karena kesiapan masyarakat adalah segala upaya untuk menyiapkan kemampuan masyarakat dalam merespon kejadian bencana secara tepat dan cepat. Antara instansi baik pemerintah, aparat maupun swasta harus saling bahu membahu agar dampak bencana bantingsor dapat diminimalisir dan tidak merugikan semua pihak,” sambung Anum.

Bernard Saragih menjelaskan, tujuan dilaksanakannya apel kesiapsiagaan Batingsor adalah untuk konsolidasi bersama dengan semua pihak dalam hal penanggulangan bencana alam. Agar bisa bersama-sama bersinergi dalam penanggulangan kesiapsiagaan bencana Batingsor,” jelasnya.

Selain siap secara fisik, Bernard Saragih menegaskan, pihak yang tergabung dalam satgas penanggulangan kesiapsiagaan bencana Batingsor sudah siap sarana dan prasarananya. “Peralatan kita sudah siap, pada setiap satuan seperti TNI, POLRI, BPBD, Brimob, Pemadam Kebakaran, Manggala Agni, Basarnas, Relawan, sudah mempunyai peralatan yang mendukung. Apabila digerakkan bersama-sama untuk menghadapi terjadinya Batingsor, kita siap”, tegasnya.

Komentar

Read Previous

Sudah 333 Orang di Sintang Positif Covid 19

Read Next

Masyarakat Diminta Waspada Bencana Batingsor