• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 08:21

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Gelar Wisuda Ke-12

Sintang, Kalbar – Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang menghadiri Wisuda Sarjana (S1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa Sintang ke-12 tahun 2022, yang dilaksanakan di Gedung Auditorium STKIP Sintang, Selasa, (29/3).

Turut hadir dalam kegiatan Wisuda STKIP Persada Khatulistiwa yakni, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar, Junaidi, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Welbertus, Mewakili Bupati Sanggau, Yulius Donatus Djaman, forkopimda Sintang dan  para tamu undangan lainnya.

Asisten II Setda Sintang, Yustinus J menjelaskan, kepada para wisudawan dan wisudawati bahwa dengan telah diwisudakan diharapkan para wisudawan/wisudawati mampu menerapkan ilmu ditengah masyarakat.

 “Saudara-saudari pada hari ini, telah berhasil menyelesaikan studi yang cukup panjang. Pesan saya kepada seluruh wisudawan-wisudawati, jangan pernah berhenti belajar, kembangan diri dengan hal-hal yang positif, jaga nama baik pribadi dan almamater dan yang terpenting, terapkanlah ilmu anda membantu mencerdaskan masyarakat khususnya di Kabupaten Sintang,” jelasnya.

Yustinus juga  menyampaikan, bahwa dunia Pendidikan di Sintang akan lebih maju dan sejahtera, ketika kita menaruh perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Sintang.  “Maka, saya yakin dengan pembangunan  pendidikan yang optimal, akan membawa Kabupaten Sintang lebih maju dan sejahtera. Inilah yang menginspirasi untuk mewujudkan salah satu visi, masyarakat kabupaten sintang yang cerdas, yaitu yang memiliki pengetahuan luas, mampu berfikir kritis, siap beradaptasi, selalu memberikan solusi serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi,” ucapnya.

Menurutnya, peran guru sangat penting dan menentukan sebagai pengajar, pendidik, pembangkit semangat, maupun sebagai pendorong kreatifitas dan merupakan pelaku terdepan dalam membantu perkembangan peserta didik, namun tantangan utama dalam dunia Pendidikan yakni penyediaan jumlah dan mutu guru yang memadai sedangkan  jumlah dan mutu guru kita.

“Saat  ini, masih perlu untuk diperkuat sesuai dengan kebutuhan yang ada. Pemerintah daerah karena berbagai keterbatasan, tentu saja sangat membutuhkan partisipasi masyarakat  dalam menyediakan guru sebagai bagian dari sistem pembangunan pendidikan kita,” ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan, bahwa Stkip Persada Khatulistiwa ini dirasa penting keberadaannya, mengingat Stkip merupakan output yang menghasilkan guru-guru. “Hal ini sejalan dengan pemerintah kabupaten sintang dalam membangun pendidikan menuju masyarakat yang cerdas, peran Stkip Sintang terlihat pada penyediaan guru yang berasal dari sumber daya lokal. Selama ini harus diakui, Stkip Sintang sudah mendapat kepercayaan masyarakat, apalagi sudah enam kali berhasil mewisuda mahasiswanya menjadi sarjana,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, untuk memberikan penghargaan yang tinggi kepada pemilik dan penyelenggara Stkip Sintang yang telah berkontribusi nyata mencerdaskan masyarakat dan menyedikaan stok guru yang memang sedang dibutuhkan Kabupaten Sintang.

“Semoga STKIP Sintang dapat  terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga proses maupun lulusannya benar-benar siap pakai dalam dunia pendidikan. Apalagi melihat tantangan ke depan, stkip sintang dituntut selalu melakukan pembenahan internal yang menyeluruh sehingga dapat selalu menghasilkan  para lulusan yang berkualitas sekaligus mampu bersaing di era globalisasi,” pungkasnya.

Read Previous

Bupati Landak Lantik BPD Re’es

Read Next

Sambut Bulan Ramadhan, Pemkab Sambas Gelar Pawai Ta’aruf