• Minggu, 14 April 2024. Jam: 08:36

Ucap Syukur Masyarakat Atas Pembangunan Rumah Adat

Sekadau, Kalbar – Masyarakat Dusun Tanjung Melati, Desa Lembah Beringin Kecamatan Nanga Mahap merasa bergembira atas pembangunan rumah adat Yumah Kojakng Ine Entong Kampokng Sorok yang diresmikan oleh Bupati Sekadau Aron, Kamis (22/6/2023).

Prosesi tersebut diawali dengan tarian penyambutan Bupati Sekadau beserta rombongan yang dilanjutkan dengan pengalungan syal serta pemancungan buluh muda.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sekadau Aron menjelaskan bahwa rumah adat ini sudah cukup lama dibangun hingga akhirnya selesai di tahun 2021, sehingga hari ini dapat diresmikan bersama.

“Dengan adanya rumah adat ini diharapkan adat istiadat Dayak tidak mudah hilang ditelan jaman, khususnya untuk generasi-generasi selanjutnya dapat mengunakan rumah adat ini untuk menunjang bakat dalam melestarikan adat istiadat kita,” jelas Aron.

Selain itu, Aron berharap dengan adanya di rumah adat ini dapat digunakan untuk pengembangan semua proses terkait adat istiadat dayak yang ada di Desa Lembah Beringin ini khususnya juga di Kabupaten Sekadau.

“Harapan saya rumah adat ini bukan hanya sebuah pertemuan seremonial belaka, tetapi dapat digunakan selanjutnya untuk melestarikan adat kita yang sudah ada,” lanjut Aron.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan, Martinus Simen mengucap syukur serta berterimakasih kepada Pemerintah Daerah serta seluruh elemen masyarakat karena sudah bersedia mendukung dalam pembangunan dan peresmian rumah adat Yumah Kojang Ine Entong di Dusun Tanjung Melati tersebut.

“Sebelum dimulainya pembangunan rumah adat ini telah dilakukan diskusi bersama dewan adat serta masyarakat, ine Entong merupakan seorang kepala dusun serta kepala adat yang pertama kali ada serta dituakan di dusun tanjung melati,” ucap dia.

“Rumah adat ini bertujuan dengan mengenang jasa para tetua di Dusun Tanjung Melati ini yang diharapkan dapat memancarkan semangat kepada kita semua di Dusun Tanjung Melati ini serta dapat memajukan sumber pengembangan di dusun ini,” tandasnya.

Pada peresmian tersebut dilakukan pembukaan tirai plang nama rumah adat dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sekadau serta dilanjutkan dengan ritual adat dalam rangka peresmian rumah adat Yumah Kojang Ine Entong Dusun Tanjung Melati Desa Lembah Beringin.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris DPRD, Nurhadi, Kepala Dinas Kepemudaan olahraga dan Pariwisata, Bayu Dwi Harsono, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, ST Emmanuel, Anggota DPRD Sekadau Moloi, Kades Lembah Beringin, perwakilan Dewan Adat Dayak Sekadau, Perwakilan Camat Nanga Mahap, Forkopimcam serta tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Lembah Beringin. (MadahSekadau/AMD/YD/AK)

Read Previous

Warga Antusias Rayakan Hari Bakcang

Read Next

Evaluasi Dapil Alokasi Kursi Anggota Dprd