• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 01:04

WVI Area Berhasil Lakukan Program Sekolah Hijau

Landak, Kalbar – Bupati Landak, Karolin Margret Natasa melakukan serah terima Program Sekolah Hijau (Green School) dari Wahana Visi Indonesia (WVI) serta peresmian Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Tubang Raeng, Kecamatan Jelimpo. Kegiatan tersebut dihadiri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Manager WVI Area Program Kabupaten Landak, Camat Jelimpo, Kepala Desa Tumbang Raeng, Kepala Desa Tebedak, Kepala Desa Jelimpo, Koordinator Pengawas Kabupaten Landak, Kepala Sekolah SDN 15 Tebedak, Kepala Sekolah SDN 07 Tubang Raeng dan Kepala Sekolah SDN 09 Jelimpo. Bertemapat di SDN 07 Tubang Raeng, kamis, (31/3).

Bupati Landak,  Karolin Marget Natasa mengatakan, Sekolah Hijau (Green School) merupakan sekolah yang memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah. Konsep sekolah hijau dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan sehingga secara ekologis menjadi wahana belajar yang menyenangkan bagi seluruh warga sekolah.

“Konsep sekolah hijau sangat penting untuk diimplementasikan dan dibudayakan di sekolah-sekolah, mengingat kondisi lingkungan kita yang saat ini sudah mulai rusak sehingga dengan sekolah hijau ini mampu mewujudkan sekolah yang sehat, bersih, indah dan asri. Sekolah hijau diharapkan mampu menciptakan generasi-generasi yang berkarakter dengan menghargai alam yang perlu dijaga dan dipelihara,” jelasnya.

Kemudian, ia menjelaskan, dengan berkhirnya pendampingan sekolah hijau oleh Visi Indonesia (WVI) area program landak pada bulan maret 2022 dengan menghasilkan 3 sekolah percontohan yakni SDN 15 Tebedak, SDN 07 Tubang Raeng dan SDN 09 Jelimpo dengan harapan program sekolah hijau bisa dikembangkan di Kabupaten Landak.

“Sejak tahun 2012 WVI bersama dengan pemerintah Kabupaten Landak sudah berhasil mendorong 3 sekolah percontohan sekolah hijau dan kita resmikan pada tahun 2019 lalu. Ini akan menjadi ast inovasi dibidang pendidikan dan akan menjadi tempat pembelajaran bagi sekolah lain, bukan hanya dari Kabupaten Landak saja namun dari luar Kabupaten Landak bisa belajar tentang sekolah hijau atau Green School ini,” ungkap Karolin.

Selain itu, Karolin menyampaikan, ucapan terima kasih kepada WVI yang membantu gedung perpustakaan di SDN 07 Tubang Raeng, hal ini merupakan bantuan sarana dan prasarana sekolah khususnya perpustakaan yang tertata dan menarik serta menyediakan buku-buku yang sesuai dengan usia anak.

“Saya berharap ruang perpustakaan ini dapat digunakan semaksimal mungkin oleh para siswa. Untuk itu segera bikin jadwal kunjungan perpustakaan dan koleksi buku-buku terus ditambah serta yang ada dirawat, disampul sehingg terlihat rapi dan menarik untuk dibaca. Ruangannya juga perlu ditata dengan rapi agar siswa betah dan terus membaca untuk menambah ilmu pengetahuan yang luas dan berkembang,”pungkasnya.

Read Previous

Wali Kota Pontianak Pastikan Angka Inflasi Masih Seimbang

Read Next

IPM Sekadau Rendah, Wabup Subandrio Minta Cepat Dibenahi