• Jumat, 14 Juni 2024. Jam: 17:49

205 ASN Pemkab Sintang Pensiun

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno  membuka dan memberikan pengarahan pada pelaksanaan pembekalan bagi 205 Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang akan memasuki Purna Tugas pada Tahun 2023 di Gedung Pancasila,  Kamis, (10/3).

Hadir pada pembukaan pembekalan tersebut Anggota Forkopimda Kabupaten Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Witarso dan jajaranya, Kepala Bank Mandiri Taspen  Cabang Sintang, Kepala PT Taspen Pontianak, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang dan peserta pembekalan.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan, selamat memasuki situasi purna tugas tanpa masalah karena ada pejabat yang memasuki purna tugas tetapi masih dirundung masalah. Usia harapan manusia Indonesia saat ini adalah 82 tahun. Maka kita akan masih hidup hingga usia 82 tahun.

“Memasuki usia pensiun, kita masih bisa produktif dengan sisa umur 20 tahun lagi kita hidup. Ketika pensiun, kita sudah diberikan kebebasan, Kita menjadi tenang, Kita dibantu oleh PT Taspen untuk mengurus hak dan kewajiban kita. Pensiun bukan akhir segalanya dan Kita mulai yang baru, tanpa masalah dan dijamin pemerintah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah pensiun, bisa aktif di kegiatan keagamaan  di masjid dan gereja, maka hidup sosial semakin baik. Kemudian, banyak organisasi yang membutuhkan tenaga pensiunan untuk terus menambah penghasilan manfaatkan pekarangan, dan berkebun. Harga sawit terus naik mencapai 3.700 per kilogram. 1 hektar bisa ditanam 136 pohon. Punya kebun sawit 3 sampai 5 hektar bisa makmur. Harga cabe dan tomat  juga harganya tinggi. Semua punya kesempatan untuk hidup lebih baik

“Selain berkebun, pensiunan bisa juga terjun ke dunia politik. Sudah banyak contoh pensiunan yang terjun ke politik. Ibu Sekda Sintang, kalau sudah pensiun nanti, bisa ke politik. Setelah itu jadi calon Bupati. Kita dukung calon Bupati Sintang 2024. Terbuka peluang di masa depan. Kita punya waktu luang untuk melihat anak dan cucu. yang penting jaga Kesehatan,” jelasnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, bahwa saat pensiun pada 2015. Ia sakit, tapi  masih berusaha bangkit kembali karena angka harapan hidup orang Indonesia adalah 82 tahun. Malu ketika meninggal sebelum umur 82 tahun. JUntuk itu, jaga kesehatan, vaksin jangan lupa. Kalau sudah divaksin dan kena corona, dua atau tiga hari sembuh. Vaksin perlu dan penting untuk lansia. Tetaplah sehat, produktif dan menjadi mahluk sosial

“Saya masih menjabat sebagai Bupati Sintang selama 2 tahun 10 bulan lagi. Siapa tau ada yang menjadi pengurus masjid dan gereja, ada keperluan, kita bisa bertemu. Usai menjadi Bupati Sintang, saya sudah siapkan kebun kopi sebanyak 800 batang dan kebun teh sebanyak 8.000 batang. Cukup untuk menyemangati hidup nanti. Songsong masa depan, purna tugas tanpa masalah, sehat dan produktif,” ungkapnya.

Kepala Bidang Disiplin Pegawai dan Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Ahmad Husni  menjelaskan, tujuan kegiatan pembekalan adalah memberikan informasi tentang program taspen terutama berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai peserta Taspen  dan melakukan perekaman. Serta menyampaikan produk dan layanan bagi peserta dari Bank Mandiri Taspen Cabang Sintang.

“Pembekalan diikuti 205 ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang akan pensiun tahun 2023 yang terdiri dari pejabat eselon II  ada 2 orang, pejabat esleon III sebanyak 8 orang, fungsional pendidikan atau guru sebanyak 132 orang, fungsional kesehatan 12 orang, fungsional umum sebanyak 51 orang,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, untuk narasumber dalam pembekalan ini adalah Pejabat PT Taspen Pontianak dan Pejabat Bank Mandiri Taspen Cabang Sintang. “Materinya adalah syarat administrasi pengurusan pensiun, perekaman data, hak dan kewajiban peserta,” tutupnya.

Read Previous

Paskas dan BMI Akan Laksanakan  Program Nyukekan Sannong

Read Next

Ziarah Makam, Peringati HUT Ketapang