• Jumat, 9 Desember 2022. Jam: 12:40

8 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kayong Utara Dilantik

Kayong Utara, Kalbar – Bupati Kayong Utara, Citra Duani melantik 8 orang pejabat  Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kayong Utara pada sejumlah OPD. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Aula Istana Rakyat, Sukadana, Jumat (30/9).

Dalam sambutannya, Bupati Citra menyampaikan bahwa pelantikan dan mutasi jabatan di instansi pemerintahan adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas lembaga serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai.

“Hendaknya momentum ini menjadi tambahan semangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta dalam melaksanakan amanah, sebagai pimpinan dan pegawai pemerintah yang dapat di percaya,” kata dia.

Ia menjelaskan, pelantikan ini berdasarkan Permenpan Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan pemerintah dan Peraturan Bupati Kayong Utara Nomor 84 Tahun 2021 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama.

Dikatakannya lagi, pengisian delapan jabatan yang lowong telah melalui proses seleksi yang dilakukan panitia seleksi yang terdiri dari akademisi, asesor dan perwakilan pejabat Provinsi Kalimantan Barat.

“Proses seleksi itu mulai dari penilaian jejak, penulisan makalah, assesmen center, dan wawancara,” ungkapnya.

Ia menuturkan, jabatan Pimpinan Tinggi Pratama merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang progresif, responsif, dan partisipasif melalui tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan serta tugas pembangunan yang diembannya.

Untuk itu, dirinya berharap dalam melaksanakan tugas-tugasnya setiap pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dapat menjamin akuntabilitas jabatannya.

“Hendaknya jabatan ini mampu menguatkan komitmen saudara dalam menciptakan terobosan-terobosan yang dapat mendorong kinerja organisasi dalam tata kelola pemerintahan, tugas-tugas pembangunan, serta pemberian pelayanan publik yang prima,” ujarnya.

Menurut Bupati, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama merupakan tantangan yang tidak mudah, karena memiliki tanggung jawab untuk menahkodai perangkat daerah, serta mengkolaborasikan seluruh unit dalam instansi untuk dapat menyatukan langkah mewujudkan tujuan, visi dan misi pimpinan.

“Sebagai pimpinan, saudara dituntut untuk mampu menjadi manager yang cermat, memahami regulasi, disiplin dan tegas, namun harus humanis dan bisa membina stafnya,” tutur dia.

Lebih lanjut, Kepala Daerah Kayong Utara ini berpesan kepada seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, profesional, dan disiplin.

“Sehingga kegiatan dalam perangkat daerah dapat terus berjalan lancar yang diikuti dengan meningkatnya kinerja perangkat daerah dalam menghasilkan produk sesuai urusan masing-masing,” tutup dia.

Para pejabat yang dilantik, yakni Jumadi sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Susianto Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Muchamad Idham Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Amir Hamzah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Rahadi Usman, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Ir. Maluru Nursalam Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispangan), Andri Candra Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Nazril Hijar sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara.

Dalam pelantikan tersebut, juga dilantik sejumlah pejabat diantaranya 47 Pejabat Adminitrasi, 7 Pejabat pengawas, dan 23 Pejabat Fungsional.

Read Previous

KPU Landak Gelar Rakor Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih

Read Next

Pemkot Kalbar dan  Jatim  Kerjasama Misi Dagang