• Jumat, 19 April 2024. Jam: 23:01

Sepauk Surganya Air Terjun

Sintang, Kalbar – Kabupaten Sintang memiliki banyak sekali objek wisata alam. Salah satunya objek wisata berupa air terjun. Sebanyak 19 objek wisata air terjun di Kabupaten Sintang, tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Sepauk, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Serawai, Ambalau, Ketunggau Tengah dan Ketungau Hulu.

“Kecamatan Sepauk adalah salah satu surganya air terjun di Kabupaten Sintang,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika, Kamis (13/10).

Dia mengatakan, di Kecamatan Sepauk, salah satu obek wisata yang terkenal adalah objek wisata air terjun supit. Air terjun supit berada di Dusun Silit, Desa Nanga Pari Kecamatan Sepauk. “Untuk sampai di air terjun Supit, perjalanan dari Kota Sintang membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan. Pengunjung bisa menggunakan mobil ataupun motor menuju Desa Nanga Pari. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil, sesampai di Desa Nanga Pari, pengunjung dapat menyewa motor milik warga setempat untuk menuju ke Dusun Silit,” ceritanya.

Masih kata Hendrika, sesampai di dusun silit, motor harus diparkir di tempat yang telah tersedia. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar satu jam perjalanan untuk sampai di air terjun Supit. Sepanjang perjalanan menuju air terjun supit, pengunjung harus melewati jalanan setapak yang berkelok-kelok dan turun naik, dengan pemandangan di kanan kirinya berupa hutan tropis nan indah. Air Terjun Supit memiliki tebing yang curam, membuat sungai di bawahnya terlihat seperti lorong kecil. Untuk orang yang senang dengan tantangan, menjajaki air terjun Supit dan menapaki bebatuan di sekitarnya pasti sangat menyenangkan. Airnya yang segar dan jernih membuat kamu akan betah berlama-lama di air terjun supit ini. Namun pengunjung harus tetap ekstra berhati – hati agar tidak tergelincir di bebatuan yang licin.

Selain air terjun Supit, di Kecamatan Sepauk terdapat Air terjun Kiara. Air terjun Kiara ini  adalah objek wisata alam yang berada di satu lokasi dengan air terjun supit dan sentarum. “Pengunjung harus berjalan kaki sekitar satu jam perjalanan untuk sampai di air terjun kiara. Air terjun kiara berada satu arah dengan air terjun supit. Lokasi air terjun kiara berada di atas air terjun supit, dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 5 menit dari air terjun supit. Air terjun kiara lebih tinggi dibanding air terjun supit. Air terjun kiara cukup besar dan mengalir dengan sangat deras,” kata Hendrika.

Pengunjung bisa menikmati dinginnya air terjun ini dan berenang di telaga yang berada di bawah air terjun tersebut. Sepanjang perjalanan menuju air terjun kiara, pengunjung harus melewati jalanan setapak yang berkelok-kelok dan turun naik, dengan pemandangan di kanan kirinya berupa hutan tropis nan indah.

Read Previous

Permudah Perhitungan Iuran dengan Aplikasi ARIP

Read Next

Pemda Pantau Stok Bahan Pokok dan BBM