• Selasa, 18 Juni 2024. Jam: 05:55

Bupati Erlina Hadiri Penanaman Mangrove Serentak

Mempawah, Kalbar – Bupati Mempawah Erlina menghadiri kegiatan Penanaman Mangrove Nasional Serentak Tahun 2022 oleh TNI Angkatan Laut, di Kawasan Pelabuhan Internasional Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit, Selasa (26/7).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan total penanaman 1.000.377 di 77 lokasi yang dipimpin secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Dalam rangka Hari Mangrove sedunia tahun 2022 sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Turut dihadiri, Dandim 1201 Mempawah Letkol Inf. Daru Cahyo, Wakapolres Mempawah Kompol Rully Robinson Polii, GM PT. Pelindo Regional 2 Pontianak Udin Mahmudin dan jajaran forkopimcam Sungai Kunyit serta pihak-pihak terkait lainnya.

Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto mengatakan dengan kegiatan penanaman mangrove akan terjadi pelestarian terhadap lingkungan maritim ataupun lingkungan pantai sehingga ekosistem laut terjaga.

“Penting untuk kita pahami adalah tanggung jawab lingkungan kelautan yang merupakan tanggung jawab bersama bukan tanggung jawab satu persatu atau instansi-instansi tertentu. Tetapi kelestarian lingkungan di dalam pembangunan berkelanjutan adalah tanggung jawab seluruh masyarakat yang tentunya terwujud dengan kolaborasi bersama,” ungkap dia.

Dikatakan bahwa jumlah bibit mangrove yang ditanam sebanyak 15.000 bibit melalui 4 tahap dan akan dimaksimalkan di setiap pantai di Provinsi Kalimantan Barat.

Selain penanaman mangrove, dalam kesempatan terebut juga dilakukan penyerahan bibit mangrove kepada aktivis dan komunitas mangrove serta pelajar.

Read Previous

TMMD Kecamatan Kalis Resmi Dibuka

Read Next

Muda Sampaikan Pengantar Rancangan KUA-PPAS