• Minggu, 23 Juni 2024. Jam: 19:05

Pembangunan 2023 Fokus Kembangkan Desa Mandiri

Mempawah, Kalbar – Bupati Mempawah, Erlina membuka Musrenbang Kecamatan Kabupaten Mempawah Tahun 2023 di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Selasa, (8/2).

Bupati Mempawah, Erlina menyampaikan, ucapan  terima kasih atas nama Pemkab Mempawah kepada tamu undangan yang telah berkenan hadir dalam musrenbang kecamatan hari ini. Diharapkan musrenbang, dapat menjaring aspirasi masyarakat desa dan kelurahan, yang akan dikompilasi dengan rencana kerja perangkat daerah, pokok-pokok pikiran DPRD. Nantinya akan menjadi rencana kerja Pemerintah Daerah dan menjadi dasar perumusan kebijakan umum APBD, dan prioritas plafon anggaran sementara yang akan disepakati bersama antara legislatif dan eksekutif.

Ia mengatakan, kepada seluruh peserta musrenbang kecamatan untuk perhatiannya dalam memanfaatkan moment ini serta menentukan skala prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang.

“Namun tetap memperhatikan target-target pencapaian SPM, RPJMD serta mengutamakan prinsip perencanaan dengan merumuskan prioritas berbasis isu strategis sesuai dengan urgensi, kepentingan, dan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Selain itu, Erlina menyampaikan, perencanaan tahun 2023 berfokus pada pembangunan desa menuju desa mandiri, yang artinya perlu pembangunan kolaboratif antara pembangunan kabupaten dengan pembagunan desa untuk mendukung pencapaian misi kepala daerah, yaitu menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian daerah guna menciptakan kemandirian daerah.

“Saya berharap usulan desa dapat memperhatikan prioritas daerah dalam upaya peningkatan status desa mandiri. Terdapat beberapa point yang menjadi perhatian kita bersama, diantaranya adalah fasilitas umum seperti ketersediaan fasilitas pendidikan, kesehatan, perdagangan, olahraga, infrastruktur dan pendukung lainnya yang menjadi tanggungjawab kita bersama,” ungkap Erlina.

Untuk itu, melalui Musrenbang Kecamatan ini pihaknya selalu membuka diri untuk mendapatkan masukan-masukan dari berbagai pihak melalui mekanisme yang ada, dalam rangka mencapai target pembangunan di Kabupaten Mempawah, sehingga apa yang diharapkan dan diinginkan bersama dapat terlaksana secara bertahap.

Plt Bappeda, Didik Krismanto mengatakan, pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan bertujuan untuk berkoordinasi dalam menyusun rencana pembangunan Kabupaten Mempawah di tahun 2023. “Musrenbang akan menjadi sarana dan masukan dari semua pihak di Kecamatan untuk menentukan rencana program pembangunan di tahun 2023,” tutupnya.

Read Previous

Musrenbang RKPD Menjadi Media Interaktif dalam Perancanaan Pembangunan

Read Next

Bupati Sanggau Minta Percepatan Vaksinasi