• Kamis, 27 Januari 2022. Jam: 05:45

Cegah Banjir di Sintang, Jokowi Tanam Pohong di Bantaran Sungai

Sintang, Kalbar – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo melakukan penanaman pohon di bekas lokasi pertambahan emas tanpa izin (PETI) di Kelurahan Kedabang Kecamatan Sintang pada Rabu (8/12).
“Pada hari ini saya datang berkunjung ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, untuk penanaman pohon untuk pemulihan lingkungan di bekas-bekas pertambangan yang ada di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Disampaikan Jokowi, dengan penanaman pohon tadi diharapkan pemulihan lingkungan utamanya di kasmen area di daerah tangkapan air di daerah tangkapan hujan yang di daerah aliran sungai baik sungai Kapuas, sungai Melawi di hulunya ini banyak yang rusak, karena hal-hal yang berkaitan dengan pertambangan dan juga kerusakan hutan karena perkebunan.

“Penanaman pohon ini untuk pemulihan lingkungan di lokasi bekas tambang emas, penanaman pohon akan kita lanjutkan ke provinsi-provinsi lain,” kata Jokowi.
Menurut dia, penanaman pohon perbaikan lingkungan untuk bekas tambang tertutup bisa kita kerjakan dengan baik dan akan dilakukan di tempat yang lain.

“Kita akan juga membangun sebuah persemaian di lingkungan sungai Kapuas dalam rangka penanaman kembali rehabilitasi kembali hutan-hutan kita yang rusak,” tegas Jokowi.
Jokowi yang juga sarjana kehutanan itu mengatakan, area yang dikunjunginya merupakan bekas pertambangan emas pada dasawarsa 1990-an. Di sana dia dan masyarakat menanam berbagai jenis pohon, baik buah-buahan maupun spesies lain.

Ia berharap penanaman serupa bisa dilakukan di area bekas pertambangan di daerah lain, agar pemulihan lingkungan utamanya di daerah tangkapan hujan, yang ada di daerah aliran sungai, baik di Sungai Kapuas, Sungai Melawi, yang rusak akibat pertambangan bisa pulih kembali.

Daerah tangkapan hujan yang di daerah aliran sungai baik Kapuas, Melawi, di hulu banyak rusak karena hal-hal berkaitan dengan pertambangan dan juga kerusakan hutan karena perkebunan. “Saya harap ini akan dimulai juga di tempat lain sehingga perbaikan lingkungan bekas tambang betul-betul bisa dikerjakan dengan baik,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan pemerintah akan membangun persemaian di wilayah Kapuas dalam rangka penanaman kembali rehabilitasi hutan yang rusak.

Di tempat terpisah, Warga Masyarakat RT 03 RW 01 Kelurahan Kedabang Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang, Dono menyambut baik kedatangan Presiden RI, Jokowi tersebut.
“Senang sekali Pak Presiden datang ke tempat kami. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kemajuan bagi daerah kami,” kata Dono.

Ia berharap, pemerintah pusat juga memperhatikan bidang infrastruktur di Kabupaten Sintang. (K.Robenson/editor : Tantra).

Read Previous

Kaji Ulang Pemasangan Geobag untuk Cegah Banjir di Sintang

Read Next

Panitia MTQ Gelar Geladi Kotor