• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 16:34

Dewan Dorong Pemkab Sintang Tumbuh Kembangkan UMKM

Sintang, Kalbar – Lemahnya perekonomian masyarakat saat ini menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang.

Lembaga legislatif itu mendorong agar Pemerintah Kabupaten Sintang bisa memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan mendorong tumbuh kembangkan UMKM.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan mengatakan, bencana alam berupa banjir besar yang menimpa wilayah Kabupaten Sintang ditambah pandemi Covid 19, telah memberikan imbas pada merosotnya ekonomi masyarakat. Sehingga, kata dia, Pemkab Sintang perlu melakukan upaya atau terobosan baru untuk menggenjot sektor usaha masyarakat demi menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat.

“Kami di legislatif mendorong pemerintah daerah memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena efek pandemi Covid dan bencana alam beberapa tahun belakangan ini membuat masyarakat sulit dalam memperoleh penghasilan. Pemerintah perlu menstimulus tumbuh kembangnya UMKM,” ungkap Sandan ketika ditemui di Kantor DPRD Sintang, Sabtu (4/6).

Untuk memacu pertumbuhan ekonomi, Sandan menyarankan agar pemerintah bisa memberikan program-program yang sifatnya pemberdayaan masyarakat. Kemudian  yang lebih penting lagi, program tersebut bisa menyentuh secara langsung masyarakat yang saat ini sedang kesulitan mengembangkan usahanya, misalnya bantuan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) warga.

“Nah, ini salah satu upaya untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya program seperti pemberdayaan dan bantuan diharapkan dapat menggalakkan kembali semangat mereka dalam melakukan giat usaha,” kata Sandan, politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Dengan kondisi seperti ini, Sandan menilai sudah seyogyanya pemerintah terus perhatian kepada masyarakat, karena dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat tidak lepas dari peran serta dukungan pemerintah.

“Harapan kami perekonomian warga kembali stabil dan rakyat sejahtera meskipun pandemi covid-19 sampai hari ini belum ada kata berkahirnya, namun kondisinya mulai melandai,” pungkas Sandan, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau.

Read Previous

Penanganan Stunting Butuh Sinergitas

Read Next

86 Siswa TK Islam Sulthoniyah Sambas Diwisudakan