• Minggu, 2 Oktober 2022. Jam: 14:01

Dinas Kominfo Sintang Gelar Sosialisasi Literasi Medsos

Sintang, Kalbar – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang melaksanakan Sosialisasi Literasi Media Sosial Bagi Kaum Perempuan di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Rabu (7/9).

Sosialisasi tersebut dihadiri 220 orang yang berasal dari organisasi wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sintang serta mahasiswi dan dosen dari perguruan tinggi di Kabupaten Sintang.

Ketua Panitia Sosialisasi Literasi Media Sosial yang juga Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sintang, Syukur Saleh  menjelaskan alasan dilaksanakannya sosialisasi yakni pada momentum peringatan Hari Kebangkitanan Nasional 20 mei 2021 yang lalu, Presiden Republik Indoensia melakukan launching gerakan nasional literasi digital.



“Presiden meminta adanya gerakan yang masif untuk melakukan literasi dan edukasikepada masyarakat ketika bermedia sosial. Penyebabnya adalah munculnya media sosial memang berwajah ganda. Di satu sisi media sosial ini bisa meningkatkan hubungan pertemanan yang lebih erat, menyimpan dokumentasi foto video, marketing dan beragam layanan jasa online. Namun pada wajahnya yang lain, medsos juga sering menjadi pemicu munculnya beragam persoalan,” terang dia.

Diberlakukannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik, mewajibkan pengguna medsos untuk mampu memilah mana informasi yang benar dan yang palsu. Karena banyaknya orang yang tergantung pada medsos. Mayoritas mereka tidak memahami bagaimana menggunakan medsos yang bijak.

Dinas Komunikasi dan informasi sesuai tupoksinya wajib melaksanakan ajakan Presiden untuk melakukan gerakan literasi media sosial. Agar pengguna media sosial seperti kalangan perempuan bisa lebih bijak menggunakan media sosial serta paham dengan pagar yang dinamakan UU ITE. Sejak dilaunching oleh Presiden RI, Dinas Kominfo Kabupaten Sintang sudah melaksanakan sosialisasi literasi
media sosial di 7 sekolah di Kabupaten Sintang.


Syukur Saleh mengatakan, kegiatan ini diadakan agar kaum perempuan di Kabupaten Sintang semakin memiliki kemampuan dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Sedangkan tujuannya adalah kita bersama-sama mencegah dampak negatif penggunaan media sosial yang salah dan kaum perempuan bisa memanfaatkan media sosial untuk hal yang positif, untuk kemudian menularkannya kepada anak-anak di rumah.

“Kegiatan ini hanya akan berlangsung selama 3 jam bertempat di Balai Praja Kantor Bupati  Sintang, namun kami berharap bisa efektif dan efisien,” harapnya.

Dia juga memberikan ucapan  terima kasih kepada ketua GOW Kabupaten Sintang beserta pengurus GOW, Wahana Visi dan CU Bima atas kerjasama yang baik ini. semoga ke depan kita bisa kembali berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan.

Penyelenggaraan sosialisasi literasi media sosial ini dibiayai atas kerjasama dan kolaborasi yang sangat baik antara Dinas Kominfo Kabupaten Sintang dengan jajaran pengurus GOW Kabupaten Sintang, Wahana Visi dan CU Bima.


Read Previous

Open Turnamen Sepak Bola di Sandai Resmi Dibuka

Read Next

Turnamen Sepak Bola Pemdes Cup Dibuka