• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 14:52

Dinkes PP dan KB Gelar Survei Akreditasi Puskesmas Selimbau

Kapuas Hulu, Kalbar – Dalam sepekan hari terakhir ini, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu telah menuntaskan pendampingan pelaksanaan Survei Akreditasi untuk beberapa Puskesmas di Kabupaten Kapuas Hulu, diantaranya Puskesmas Batang Lupar, Puskesmas Bika, Puskesmas Boyan Tanjung dan Kamis (21/12) dilaksanakan Survei Akreditasi untuk Puskesmas Selimbau.

Pelaksanaan Survei Akreditasi di Puskesmas Selimbau dengan mengundang surveior dari LASKESI (Lembaga Survei Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia) yaitu dr. Abang Anton dan dr. Ahmad Jawahir, M.A.P.

Opening Meeting Survei Akreditasi perdana di Puskesmas Selimbau itu dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu Nanang Padli, SE.,M.Si, dan dihadiri Forkopincam Selimbau, KUA, Para Kepala Desa, Kepala Puskesmas Selimbau beserta jajaran serta sejumlah anggota Tim TPCB dari Kabupaten.

Dalam kesempatan sambutannya mewakili Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu, Kabid PSDK Nanang menyampaikan bahwa, Kegiatan Survei Akreditasi ini dilaksanakan dari Tanggal 21 – 23 Desember 2023.

“Dan untuk tahun 2023 Kabupaten Kapuas Hulu telah melaksanakan Survei Akreditasi sebanyak 6 Puskesmas yaitu, Suhaid, Seberuang, Batang Lupar, Bika, Boyan Tanjung dan Puskesmas Selimbau. Jadi masih ada 18 Puskesmas yang akan dilaksanakan Survei Akreditasi di tahun 2024 mendatang,” ujar Nanang.

Lanjut Nanang, begitu juga dengan Rumah Sakit, beberapa pekan lalu sudah dilaksanakan survei pada RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau oleh LAMKPRS, dan masih ada 2 RSUD yang akan dilaksanakan akreditasi di tahun 2023, yaitu RSUD Semitau dan RSUD Badau.

Lebih lanjut Nanang Padli menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menempatkan pembangunan kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu melalui beberapa strategi, salah satu strategi yang dilaksanakan yaitu peningkatan mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas.

“Hal ini sejalan dengan misi ke-5 bapak Bupati dan bapak Wakil Bupati Kapuas Hulu HEBAT yaitu “Mewujudkan Kapuas Hulu yang sejahtera dalam Pelayanan Kesehatan Dasar yang Bermutu bagi masyarakat,” ungkap Nanang.

Maka sambung Nanang, salah satu upaya peningkatkan mutu pelayanan kesehatan adalah melalui Akreditasi, yang bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan bagi pasien dan masyarakat secara berkesinambungan seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

“Puskesmas Selimbau adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, bertanggung jawab menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan di wilayah kerja kecamatan Selimbau.

Maka dari itu, harapan saya Puskesmas Selimbau dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan untuk menjamin mutu pelayanan yang diterima oleh masyarakat,” pesan Nanang Padli.

Read Previous

Harisson Lantik Ani Sofian Jadi Pj Wali Kota Pontianak

Read Next

Kadishub Menghadiri Rakor Lintas Sektor dalam rangka Sinergitas Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024